Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Kerja Sama Sesama Anggota ASEAN

Putraindonews.com – Jakarta | Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya penguatan kerja sama saling menguntungkan antara negara-negara ASEAN dengan negara mitra wicara sepanjang rangkaian penyelenggaraan KTT ASEAN hari kedua di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9).

Presiden Joko Widodo juga terus menerus menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan menghormati hukum internasional guna menciptakan stabilitas kawasan.

Saat memimpin KTT Ke-26 ASEAN-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang digelar di Ruang Cendrawasih, JCC, Rabu, Presiden Joko Widodo menggarisbawahi bahwa RRT adalah salah satu mitra dialog ASEAN yang memiliki status mitra strategis komprehensif.

Presiden Widodo mengatakan bahwa warsa ini juga merupakan 20 tahun aksesi RRT terhadap Treaty of Amity and Cooperation (TAC).

BACA JUGA :   KETUA SATGAS ; Hotel Karantina Bagi Penumpang Pesawat Dari Luar Negeri Dapat Dibuka untuk Umum

Presiden Jokowi pun mengajak semua pihak dapat memaknai hal tersebut dengan merealisasikan kerja sama konkret yang saling menguntungkan.

Menurut Presiden, hal tersebut hanya bisa dilakukan jika semua pihak memiliki kepercayaan satu sama lain yang harus dibangun dan dipelihara bersama. Salah satu caranya adalah dengan menghormati hukum internasional.

Pertemuan KTT Ke-26 ASEAN-RRT pun menyepakati pentingnya penguatan kerja sama regional untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan mewujudkan cita-cita Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, terutama dengan adanya upgrading ASEAN-China Free Trade Agreement (FTA) 3.0 dan implementasi penuh Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Selanjutnya saat memimpin KTT Ke-24 ASEAN-Republik Korea yang digelar di Ruang Cenderawasih 3, JCC, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pilar utama kemitraan ASEAN-Republik Korea adalah transisi energi dan transformasi digital.

BACA JUGA :   Giat Bhakti Sosial Di Lombok, PANGLIMA TNI ; Wujud Semangat Kebangkitan Pasca Bencana

Kepala Negara mengatakan bahwa ketergantungan ASEAN terhadap sumber energi fosil harus dikurangi. Pada saat yang sama, Presiden menyampaikan bahwa ekonomi digital ASEAN akan tumbuh hingga 1 triliun dolar AS dalam satu dekade ke depan.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kolaborasi dan kemitraan ASEAN-Republik Korea dalam upaya transisi energi dan transformasi digital.

Presiden Joko Widodo juga menekankan bahwa stabilitas kawasan harus dijaga agar kemitraan masa depan dapat tercapai. Presiden pun mengatakan hal tersebut merupakan tanggung jawab semua pihak yang berada di kawasan Indo-Pasifik. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!