Rektor UMMU Ternate, Kukuhkan 660 Wisudawan/i Tahun 2016

Bapak Rektor dan Wakil Rektor saat membuka acara wisudawan Ummu Ternate

Putraindonews.com-Ternate, Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMUM) Ternate Drs. Ishak Jamaludin., M.Pd, Sukses melaksanakan Sidang Senat Terbuka Upacara wisudawan/i Strata (S1) dan Pasca Serjana (S2) dengan jumlah 660 orang terdiri dari 647 Strata (S1) dan 13 orang Pasca Sarjana (S2), Pada wisudawan semester ini (Semester Ganjil) Tahun Akademik 2016/2017 terdapat 124 orang yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude, dan  terdiri dari 8 Fakultas dan 17 Program Studi Ummu ternate berlangsung di Aulah UMMU Ternate Kel. Sasa Kec. Ternate Selatan, Sabtu, (10/12) siang tadi. Ungakap Ketua Kanitia, Santospriadi., MT.

Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMUM) Ternate Drs. Ishak Jamaludin., M.Pd, dalam smbutanya, ia mengatakaan bahwa persoalan mendasar bagi bangsa kita saat ini adalah kualitas sumber daya manusia, terutama dari segi mental dan moral yang masih menjadi pekerjaan rumah, hampir seluruh bidang kehidupan. Inilah pekerjaan rumah bagi dunia pendidikan tinggi, Keberhasilan proses pendidikan dapat membawa perubahan,  baik secara individual maupun masyarakat. Untuk menghasilkan pendidikan yang dapat membawa perubahan, maka tuntutan mutu pendidikan menjadi suatu keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar.

Upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi dalam kondisi apapun tidak boleh berhenti atau dihentikan, termasuk dalam kondisi krisis. Ini mengingat, bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang. Pendidikan merupakan ladang persemaian bibit manusia baru dalam mengisi dan mendorong pembangunan yang diharapkan dapat melakukan perbaikan bagi kualitas masa depan kemanusiaan. Salah satu misi pendidikan tinggi adalah mempersiapkan sumberdaya manusia profesional yang dapat menciptakan lapangan kerja, atau dapat mengisi pasar kerja di berbagai sektor, terutama sektor industri dan teknologi informasi.

Karenanya, setiap mahasiswa dituntut untuk menguasai dan mengakses ilmu pengetahuan, teknologi, ketrampilan dan profesi tertentu, sekaligus dibekali kemampuan untuk belajar lebih lanjut. Pendidikan sedapat mungkin membuka peluang dan ruang bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, spiritualnya dan sosialnya melalui eksperimentasi, inovasi dan improvisasi, sehingga terbangun kepekaan untuk memanfaatkan peluang-peluang baru yang muncul, serta mampu berkompetisi dan membangun kerja sama dengan berpagai elemen masyarakat di era global ini.

Lanjut Rektor Ummu Ternate Pada kesempatan ini, atas nama pimpinan UMMU Ternate, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu orang tua para wisudawan/i, yang saat ini dalam suasana berbahagia. Selama 4 tahun atau lebih, kami telah membawa amanah Bapak/Ibu dan inilah saatnya kami persembahkan kembali putra-putri Bapak/Ibu, semoga dapat  memberi manfaat bagi keluarga, agama, masyarakat, bangsa dan negara. Kepada Bapak/Ibu dosen, karyawan maupun mahasiswa UMMU atas kerjasamanya, kami haturkan terima kasih yang setulus-tulusnya, sehingga tercipta suasana kerja yang kondusif

BACA JUGA :   AJAK BERSATU HARGAI PERBEDAAN, Mahfud MD ; Yang Harus Kita Lawan Adalah Perilaku Korupsi

Ungkapan yang sama juga dihaturkan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Se Maluku Utara, Ketua Majelis Dikti-Litbang PP Muhammadiyah, KOPERTIS Wilayah XII Maluku-Maaluku Utara, Alhamdulillah lewat KOPERTIS kami dipercaya mengelola beasiswa Bidik Misi tahun ini sebanyak 70 Mahasiswa Penerima, sehingga total yang telah kami kelola sejak 2012 sebanyak 487 dan hari ini mahasiswa Bidik Misi Angkatan 2012 juga di wisuda bersama dengan 660 wisudawan lainnya, Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku Utara, dan Badan Pembina Harian UMMU atas segala dukungannya dan partisipasinya yang begitu berarti bagi pembinaan dan pengembangan UMMU Ternate, Harapan kami, kerjasama dan partisipasi ini tetap terjalin dengan baik di masa-masa akan datang, sebagai komitmen kita bersama, ungkap Rektor Ummu Ternate.

Selain itu juga, Sambutan Kordinator Kopertis wilayah XII, Dr. Zainudin Nortaudum M.Pd., mengajak seluruh wisudawan/i, agar kita bisa posisikan pada pendidikan yang dicanangkan oleh Unisko itu ada 4 hal yang harus kita renungkan bersama, yang pertama Plening Tuduh; bagimana kita bisa membanggakan tentang apa yang kita dapati tetapi kita harus belajar dan belajar terus yang terkait dengan itu bagimana kita akan mewujudkan lagi Lening Tubi; itu adalah anda bisa memahami itu untuk dalam melaksanakan bisa menggali pengatahuan anda lagi untuk bagimana kita bisa memanfaatkan ilmu kita yang ada di masyarakat, dan bukan hanya itu’ harus ditunjang dengan Lening Tunuhu; apa yang kita pelajari selama ini dan bisa kita manfaatkan untuk kesejatraan masyarakat, selain itu, masih ada yang paling penting lagi bagi kita untuk melaksanakan itu, apa itu, yang kita kenal adalah Lening Les Tugeder; ini adalah yang harus kita  citakan dalam kehidupan kita tidak akan berhenti untuk belajar, dan belajar itu adalah yang akan membawa untuk mendapatkan kemaslahatan, apa itu kemaslahatan di dunia maupun kemaslahatan diakhirat kelak.

Lanjut Zainudin, Teman-teman dan saudara/i wisudawan itu adalah sudah disiapkan secara lengkap, dari sisi Intelktualkuesen,  pengatuan kita pengatahuan kita tentang kemampuan ilmu yang telah diasiapkan sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing, tapi bukan hanya itu yang di lihat tapi harus diimbangi dengan emosional kuesen jadi bagimana kita menselaraskan ilmu dengan kehidupan kita di tengah-tengah masyarakat dan tentu lebih pentingnya adalah Spiritual kuesen yang tentunya anda ini adalah produk bukan hanya, bila dibandingkan dengan teman-teman yang ada pada Universitas yang sifatnya yuniversal tetapi anda ini ada di imbangi dengan 2 hal yang kita lihat baik secara ilmiah mapun secara agamis karena disana adalah lambing-lambang kemuhammadiyahaan anda, tentu harapannya bahwa dari identitas itulah yang akan memberikan corot warna tersendiri diantara anda dengan alumni-alumni yang lain disetiap saat bisa mengedepankan, bisa membesarkan apa yang anda pikul pada kemuhammadiyahaan, tegasnya.

BACA JUGA :   Dewan Minta Pemprov DKI Siapkan Pipa Air Bersih

Sambutan Gubernur Propinsi Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba,, sebelum menyampaikan sambutannya, terlebih dahulu Gubernur Maluku Utara meresmikan Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara sekaligus Penandatanganan Berita Acara dan Naska Kesepahaman antara Gubernur Propinsi Maluku utara dengan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate.

Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, mengajak seluruh wisudawan/I Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate agar memanfaatkan beasiswa yang disediakan oleh beberapa perusahan di daerah ini, salah satunya Perusahan milik Negara Cina yang sudah memberikan lampu hijau untuk beasiswa S1, S2 maupun S3 dengan jumlah yang banyak juga mereka akan siap, Gubernur Malut juga berharap generasi mudah harus banyak melanjutkan kuliah agar kita bisa memajukan daerah kita tercinta ini, daerah ini maju atau tidak tergantung orang-orang yang memiliki mengatahuan tinggi untuk itu ade-ade wisudawan harus belajar dan melanjutkan kuliah lebih tinggi lagi, saya berharap negri ini dipenuhi dengan puluhan S1, S2 dan S3. harapanya.

Lanjut Gubernur Maluku Utara, saya berharap ade-adeku sekalian harus banyak belajar karena saya di undang secara lansung oleh Mentri Maritim dan Direktur LPDP, beberapa pekan lalu bersama 5 Gubernur di Indonesia, pada pertemuan itulah Menko dan Direktur mengatakan untuk Maluku Utara tidak terbatas beasiswa anak-anak di ternate, untuk itu anak-anak silahkan belajar dan berjuang untuk mendapatkan 15 ribu lebih beasiswa, selain Indonesia 5 Negara di eropa membuka kesempatan untuk kita belajar, bahkan mereka memberikan sesuai minat dari keinginan anak-anak sekalian. (Sul)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!