Sekjen PDI Perjuangan : Bandung Tempat Kontemlasi Ideologis Bung Karno

***

Putraindonews.com – Jakarta | Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Bandung menjadi tempat spesial bagi tokoh proklamator, Bung Karno.

Ia menyebut, Bandung selain merupakan tempat bersejarah, juga sebagai tempat kontemplasi ideologis terpenting Bung Karno.

“Bandung adalah tempat kontemplasi ideologis terpenting bagi Bung Karno. Alamnya yang indah mendorong situasi kontemplasi,” ujar Hasto Kristiyanto di Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1).

BACA JUGA :   KEMNAKER ; MAY DAY IS A FUN DAY

Dirinya menceritakan sejarah Soekarno dengan Kota Bandung. Pada umur 26 tahun, Soekarno menemukan pemikiran mengenai Indonesia Merdeka dari kota ini.

Dari situ, katanya, Soekarno bertemu dengan rakyat, salah satunya Pak Marhaen, yang menginspirasi pemikirannya mengenai Indonesia Merdeka.

Dari kota Bandung semangat juang Soekarno semakin bergelora demi memerdekakan Indonesia sehingga PDIP berharap anak-anak muda bisa mengambil semangat juang itu.

BACA JUGA :   PLN Terus Berupaya Tingkatkan Transisi Energi

Di Bandung ini pula, lanjut Hasto, dilaksanakan Konferensi Asia Afrika (KAA) Tahun 1955 yang kemudian menginspirasi Gerakan Non Blok (GNB). Kejadian itu yang mengubah peta dunia dengan lahirnya Dasasila Bandung.

“Dari Kota Bandung yang indah ini bisa lahir Dasasila Bandung dan menjadi bagian dari sejarah dunia dengan warisan sejarah,” tandasnya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!