Semarak Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024, Pegiat Lingkungan Tangsel Gelar TPS 3R

Putraindonews.com, Tangerang Selatan – Dalam rangka menyambut kegiatan Semarak Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024, para pegiat lingkungan yang terdiri dari berbagai unsur baik dari masyarakat maupun pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan TPS 3R.

Kegiatan TPS 3R sendiri merupakan teknik pengolahan sampah dengan sistem 3R yakni reuse (menggunakan ulang), reduce (mengurangi), dan recyle (mendaur ulang).

Pendekatan ini dilakukan dengan cara mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

“Tujuan program ini adalah agar pemerintah memberikan sarana kepada masyarakat dikawasan permukiman padat yang ingin melaksanakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang sesuai dengan pilihan dan kondisi lingkungan sekitar mereka,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman kepada Putraindonews, Selasa (9/7).

BACA JUGA :   MERESPONS ASPIRASI PUBLIK, Gubernur Jabar Diapresiasi Komisi Informasi

Adanya kegiatan ini diharapkan supaya masyarakat Tangsel dapat mengenali fungsi dari konsep pengolahan TPS berbasis 3R.

Masyarakat juga diharapkan dapat mengenal sampah berdasarkan jenis-jenisnya dan dapat melakukan pengomposan sendiri.

Adapun dalam mempersiapkan kegiatan akbar tersebut, penyiapan bibit telah dilakukan para pegiat lingkungan.

“Alhamdulilah puji syukur kepada Allah SWT proses penyiapan bibit telah dimulai para penggiat lingkungan untuk Tamsiruga (tanaman konsumsi rumah tangga),” ujarnya.

BACA JUGA :   SD Inpres Rappokalling II Kembangkan Program TADARUS

Hal itu, lanjut dia, dimaksudkan untuk sedekah bumi, bersih-bersih lingkungan, semarak Kemerdekaan 2024 di bantaran kali Cisadane dekat TPA Ciepeucang yang persiapannya dimulai sejak akhir bulan Juni.

“Semoga rangkaian giat dilaksanakan mulai pertengahan Juli dengan puncak giatnya Sabtu 10 Agustus 2024, mohon doa kelancarannya semoga Allah SWT meridhai kegiatan ini,” tandasnya. [Adv]

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!