Siapkan Tenaga Kerja Lokal, Kemnaker Bangun Smart Training Center di Batang

Putraindonews.com – Kementerian Ketenagakerjaan terus mempercepat peningkatan kompetensi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal memperkuat Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dan Batang Industrial Park (BIP) dengan membangun pusat pelatihan pintar atau smart training center.

Dalam keterangannya, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa menyebut keberadaan KITB dan BIP telah membuka pasar kerja bagi angkatan kerja yang berada di sekitar kawasan. Namun, masih dibutuhkan peningkatan standar kompetensi untuk para calon pekerja agar sesuai dengan kebutuhan industri.

“Smart training center ini adalah upaya untuk mempercepat dan memasifikasi pelatihan kerja bagi warga Batang dan sekitarnya,” kata Caswi, Selasa (13/2).

Langkah itu dilakukan agar warga di Kabupaten Batang dapat berpartisipasi dalam pengembangan kesempatan kerja di wilayahnya sendiri. Fasilitas pelatihan yang memadai diperlukan untuk memastikan sumber daya manusia (SDM) lokal memiliki kompetensi yang mumpuni.

Kemnaker juga merencanakan akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) untuk memfasilitasi langkah peningkatan kompetensi serta Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mendukung industri

Caswi menjelaskan pusat pelatihan akan dibangun di atas lahan seluas tujuh hektare di Kecamatan Kandeman. Lahan itu semula merupakan milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dihibahkan kepada Kemnaker.

“Saat ini perencanaan pembangunan telah selesai dilakukan. Insyaallah akan segera dilakukan ground breaking dan tahun ini kami bangun beberapa workshop prioritas,” jelasnya.

Beberapa kejuruan yang direncanakan antara lain kejuruan garmen dan teknologi fashion, manufaktur, elektronika, multimedia dan teknologi informasi. Direncanakan pula jurusan otomasi industri/mekatronik woodworking, smart building and infrastructure, otomotif kendaraan listrik, energi hijau, healthy food and beverage, kecerdasan buatan serta bahasa. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!