Kwarda Bali dan Kanwil Kemhan Bali SEPAKAT Jalin Kerjasama Untuk Pendidikan Bela Negara

PUTRAINDONEWS.COM

DENPASAR – BALI | Salah satu tugas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Provinsi Bali adalah mengimplementasikan kebijakan bela negara. Hal itu diungkapkan oleh Kolonel Infanteri Ketut Budiastawa Kepala Kantor Wilayah Kemhan Provinsi Bali, saat bertemu dengan Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Bali di Kantor BPBD Provinsi Bali, Rabu (29/1).

Pertemuan Kakanwil Kemhan Bali dengan Kakwarda Bali tersebut, sebagai tindak lanjut komitmen bersama 2 (dua) lembaga strategis ini, dalam mengemban misi pendidikan karakter dan juga bela negara.

“Kanwil Kemhan bertugas membina dan mendayagunakan segenap sumber daya nasional bagi kepentingan kesejahteraan dan pertahanan serta mendukung dan mengimplekentasikan kebijakan bela negara,” kata Kakanwil Kol. Inf. Ketut Budiastawa.

Lebih jauh Kol. Inf. Ketut Budiastawa menjelaskan, bahwa dalam konteks bela negara Kemhan merasa penting dan perlu untuk bersinergi dengan Gerakan Pramuka Bali untuk bersama-sama dalam pembinaan generasi muda.

BACA JUGA :   4 Jam Padam, PLN Bertindak Cepat Atasi Kebakaran Belt Conveyor di PLTU Teluk Sirih

Kakwarda Bali yang juga Kalaksa BPBD Provinsi Bali menyatakan kegembiraannya sekaligus merasa sangat terhormat diberi kesempatan untuk bersinergi dan menjalin kerjasama dengan pihak Kanwil Kemhan Provinsi Bali dalam upaya pembinaan generasi muda di Bali.

“Ini simbiosis mutualisme, kerjasama yang saling menguntungkan, selama ini BPBD Bali sudah berkolaborasi dengan beliau misalnya gerakan bersama penghijauan di pinggir Danau Tamblingan beberapa bulan lalu yang dirangkai dengan kegiatan kemah,” kata Made Rentin.

Lebih jauh Rentin menjelaskan bahwa, Gerakan Pramuka Bali akan fokus pada pembinaan generasi muda terutama dalam hal karakter dan bela negara serta menjauhkan dari ancaman / bahaya narkoba dan kenakalan remaja. “Kanwil Kemhan adalah lembaga negara yang bertugas dalam hal bela negara, oleh karena itu kami di Kwarda Bali menyambut baik jika kedepan akan selalu bergandengan tangan dalam pembinaan generasi muda melalui wadah Pramuka,” pungkas Made Rentin Kakwarda Bali yang baru saja dilantik oleh Gubernur Bali (Senin 27/1).

BACA JUGA :   PEMKAB OKU SELATAN GELAR UPACARA PERINGATAN HAORNAS

Gerakan Pramuka memang diharapkan jadi personil tambahan dan bersama sama kekuatan TNI / POLRI dalam upaya bela negara, hal ini sempat mengemuka dalam RDP (Rapat Dengar Pendapat) Komisi X DPR RI dengan Kwarnas beberapa bulan lalu di Senayan. Hal ini akan diawali dengan dilakukannya revisi terhadap Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, dengan memperkuat posisi pramuka di indonesia mulai dari supporting anggaran yang memadai.

PMT

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!