Ngider Sehat, Walikota Benyamin ; Strategi Mendekatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

PUTRAINDONEWS.COM

Tangsel – Banten | Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membuat program ‘Ngider Sehat’ di setiap Puskesmas.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie menerangkan, program ‘Ngider Sehat’ merupakan strategi mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Tugas mereka (petugas Ngider Sehat, red) adalah memastikan warga yang dikunjungi sehat dan bila memerlukan pelayanan medis, yang bersangkutan akan segera memfasilitasi,” ungkap Benyamin Davnie, kepada wartawan, Jumat (5/11/2021).

Sementara itu, Bagian Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Tangsel, dr Vivi menjelaskan, program ini bertujuan untuk membantu warga Tangsel yang sedang sakit namun memiliki keterbatasan untuk ke Puskesmas.

“Jadi semua warga Tangsel dapat terlayani masalah kesehatannya. Di setiap kelurahan memilkmi 1 petugas Ngider Sehat,” ungkapnya di Pondok Pucung.

BACA JUGA :   Polisi Sahabat Anak, Kapolres Batu Bara Menghibur Anak Yang di Vaksin 6 Sampai 11 Tahun

Untuk jadwalnya sendiri, Vivi menerangkan, ada dua jadwal, yaitu yang sudah diagendakan, dan laporan aduan dari masyarakat, baik laporan dari bina wilayah ataupun ibu-ibu kader.

Diungkapkan Vivi, Ngider Sehat ini melayani semua penyakit, terutama untuk warga yang sakit dan tidak dapat datang ke Puskesmas.

“Seperti pasien struk, untuk yang lansia mereka sulit untuk ke Puskesmas, kita yang datangi, selain Kami mengecek kondisi pasien dan memberi obat-obatan pihak keluarga juga Kami berikan edukasi untuk perawatannya,” ungkapnya.

Petugas Ngider Sehat Puskesmas Pondok Pucung, Erna Mardiana Sari menerangkan, pihaknya rata-rata melayani kesehatan kepada 10 keluarga setiap harinya.

BACA JUGA :   IMO-Indonesia DPW Bali Apresiasi Sinergi dan Kolaborasi Kodam IX/ Udayana Dengan Insan Pers

“Biasanya kita dapat 10 keluarga dalam sehari, kaya gitu, ya tergantung kalau misalnya lagi urgent banget mau udah lebih 10 juga tetep kita layani, tidak kita batasi,” tutupnya.

Pelayanan Ngider Sehat ini tidak hanya disemua Puskesmas di Kota Tangerang Selatan.

“Pelayanan kesehatan Ngider Sehat ini tidak hanya di Puskesmas Pondok Pucung ini saja. Tapi semua Puskesmas juga ada karena ini memang program dari Walikota, Bapak Benyamin Davnie. Di Puskesmas Pondok Pucung ini salah satu contohnya berjalan dengan bagus,” Jelas Vivi menambahkan. Red/Rid

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!