Proyek Jalan Desa Air Enau Diduga Kurang Transparan Dan Rawan Penyimpangan

PRABUMULIH – PUTRAINDONEWS.COM | Proyek pembangunan jalan Cor di Desa Air Enau, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muaraenim, disinyalir menyimpang dari ketentuan Rancangan Anggaran Biaya (RAB). Sehingga secara fisik, bangunan itu diduga tidak sesuai dengan pagu anggaran kerja senilai Rp. 300 Juta.

Kecurigaan masyarakat tertuju pada proses pembangunan jalan tersebut, disamping jumlah volume yang belum maksimal, Proyek yang bersumber dari dana Desa tahun 2019 itu, terkesan kurang pengawasan.

“Kita mencurigai volume nya pak, Sebab tebal cor betonya antara tepi dan tengah jalan itu berbeda. Ditengah itu sangat Tipis, Namun untuk mengelabui tim pemeriksa, ketebalan di sisi pinggir itu dibuat 15 CM. Jadi secara kasat mata tebal jalan itu sama, padahal tipis ditengahnya,” ujar salah satu masyarakat setempat yang melihat proyek tersebut.

BACA JUGA :   Antusias Masyarakat Mengikuti vaksinasi Di Lanud Suryadarma 

Dari pantauan wartawan dilapangan, Proses peletakkan mal pengecoran Jalan, memang sedikit digali kedalam tanah. Sehingga bangunan jalan tampak tebal di sisi samping dan diduga tipis di bagian tengah.

Ditemui di tempat yang berbeda, Kades Air Enau A E Junaidi menjelaskan sebelum pelaksanan kegiatan, pihaknya telah mengadakan rapat intern dengan TPK, PPHP, BPD yang membidangi sekaligus mengawasi pembangunan tersebut.

BACA JUGA :   ADAPTASI KEBIASAAN BARU, TNI - POLRI Himbau Para Pengunjung Pusat Perbelanjaan

Menurutnya, Ia melibatkan masyarakat setempat untuk proses pengerjaan. Bahkan tidak ada niat dari TPK untuk mengurangi Volume karena bangunan ini untuk kebutuhan masyarakat di desanya sendiri.

“Anggapan masyarakat itu sah sah saja, karena mereka hanya melihat secara kasat mata. Namun secara tekhnis, baik itu menyangkut cara pengerjaan maupun kualitas pekerjaan saya ras itu sudah sesuai mutu standar,” ujarnya.

ABI SAMRAN, SH – SUMSEL

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!