RAIH MASA DEPAN, SMK Bintang Timur Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Kenakalan Remaja

PUTRAINDONEWS.COM

Manggarai – NTT | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Bintang Timur, SMA dan SMP menggelar bekerjasama dengan Kepolisian Resort Manggarai melalui KBO Binmas menggelar penyuluhan dan sosialisasi pencegahan peredaran dan bahaya narkoba, kenakalan remaja. Senin (27/09/2021).

Kepala Sekolah SMK Bintang Timur, Benediktus Jangavarman mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai salah satu inisiatif sekolah sendiri yang juga merupakan antisipasi terhadap bahaya narkoba maupun kenakalan yang terjadi pada anak-anak atau siswa

“Ini program sekolah. Motivasi dasarnya pertama, kami sengaja buat seperti ini supaya anak-anak merubah karakter dan menjauhi kenakalan-kenakalan remaja seperti orang-orang di sana. Jadi mereka dilatih sejak dini supaya mendidik karakter untuk menjadi lebih baik.

Saya selalu sampaikan kepada mereka bahwa mereka harus menjadi polisi terhadap diri sendiri. Untuk menjaga diri demi masa depan mereka.” Ungkap Beni.

Selain itu lanjut Beni, Mereka dilatih untuk tahu bersyukur, tahu menjaga sopan santun dengan cara seperti ini. Sehingga saya bekerja sama dengan pihak Kepolisian, pihak kodim supaya mereka mengajarkan itu.

“Kegiatan dilaksanakan di lapangan yang melibatkan semua siswa baik SMP SMA dan SMK. Walaupun idenya dari SMA tetapi saya kerja sama dengan 3 lembaga supaya mereka semua juga ikut. Supaya sama-sama belajar.” Terangnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa kedepan akan melakukan kegiatan rutin lantas bekerjasama dengan pihak kepolisian

“Kedepannya kami akan membuatkan MOU dengan pihak kepolisian dan kodim untuk mengadakan penyuluhan selama sebulan sekali. Mereka masuk kelas sebulan sekali dan memberikan penyuluhan kepada siswa.

Saya rasa bukan hanya siswa saja guru-guru juga harus tahu tentang narkotika termasuk hukuman hukumannya, supaya guru-guru juga tahu Dan nanti mereka juga menjelaskan ke siswa.”Tandasnya.

BACA JUGA :   Apindo Bagikan Ribuan Masker Serentak di Delapan Kota/Kabupaten se-Banten

Sementara IPTU. Daud R. Bulu selaku KBO Binmas Polres Manggarai menyampaikan bahwa banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya.

“Fakta itu sudah tidak dapat dipungkuri lagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang melalui media elektronik atau kita melihatnya langsung di lingkungan sekitar kita.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor-faktor menunjang akan perubahan prilaku dikalangan remaja, sebagai contoh kurangnya kasih sayang orang, kurangnya pengawasan dari orang pergaulan dengan teman yang tidak peran dari perkembangan iptek yang berdampak, tidak adanya bimbingan kepribadian dari dasar-dasar agama yang kurang, tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya, kebebasan yang berlebihan, masalah yang dipendam” jelas Iptu Daud didepan para siswa yang mengikuti kegiatan itu.

Iptu Daud juga menjelaskan, Ada beberapa cara yang mungkin bisa jadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan dikalangan remaja, Khususnya buat diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus kedalamnya, diantaranya:

“Perlunya pendidikan agama sejak dini yang rutin yang berguna untuk mempertebal keimanan diri kita., Mentaati nasehat – nasehat yang telah kita terima khususnya dari orang tua kita atau dari orang lain (guru, orang yang lebih berpengalaman atau teman-teman kita). Jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan hukum dianggap salah. Mempunyai konsep hidup yang, Menyusun rencana masa depan. dengan berjuang untuk kehidupan dan masa depan yang kita raih” Terangnya.

Selain Ipda Daud juga menghimbau kepada peserta kegiatan itu untuk tetap menjaga prokes ditengah masifnya pandemi covid-19 yang kian merebak di Manggarai ini

BACA JUGA :   KETUA PERSIT KCK PD XII/TPR ; Jadilah Panutan dalam Keluarga dan Lingkungan

“Kami juga mengimbau, untuk tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan yang disiplin seperti, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas serta wajib melakukan vaksinasi.”Tutup Ipda Daud.

Sementara Siswa SMK Siman Cancu selaku peserta dalam kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian juga pihak sekolah yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut

“Beberapa amanat yang disampaikan oleh bapak polisi tadi, dengan temanya kenakalan remaja, ada beberapa poin yang diambil tadi adalah berkaitan dengan bagaimana lagu atau tingkah laku kita seorang remaja

Yang pertama merokok terus hindari narkoba Kesannya sangat bermanfaat bagi kami terlebih khusus bagi kami yang kalangan pelajar ini, itu sangat menyentuh di hati kami” Ungkapnya.

Ia pun berharap agar materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi mereka

“Harapannya semoga apa yang disampaikan bisa diingat dan bisa dilaksanakan dengan baik udah teman-teman siswa dan saya juga berterima kasih kepada lembaga sekolah karena telah menyelenggarakan suatu kegiatan yang bermanfaat ini lantas ini sangat resmi tadi, dimana semua para siswa juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.” Ujarnya

Senada dengan Maria Herlin siswi lainya ,mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak sekolah karena telah menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat tersebut

“Apa yang disampaikan oleh pak polisi tadi dapat diterima, bermanfaat atau berguna bagi kami, seperti merokok, narkoba, agar tidak terjerumus dari itu semua.”Tuturnya.

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh ketua yayasan SMK,SMA,SMP Bintang Timur, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas setempat juga dilakukan dengan menerapkan prokes yang ketat. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!