Walikota Tangerang Selatan Resmikan Rumah Lawan COVID-19

PUTRAINDONEWS.COM

TANGERANG – SELATAN | Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany, SH.,MH.,M.Kn resmikan Rumah Lawan COVID-19 yang bertempat di Kawasan Pertanian Terpadu, Ciater Serpong Tangerang Selatan pada, Selasa 14/4/20 pekan kemarin.

Walikota Airin Rachmi Diany menjelaskan, rumah lawan COVID-19 ini diperuntukan bagi pasien Orang Dalam Pengawasan ( ODP – red ) dengan Rapidtest positif dan Pasien Dalam Pengawasan ( PDP -red ) Ringan yakni tanpa gejala.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat tangerang selatan, para CSR dan semua pihak yang telah peduli serta memberikan bantuan kepada pemerintah dalam upayanya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini,” Ujar Airin.

Menurutnya, solidaritas dan bantuan serta kepedulian seluruh sektor merupakan kunci dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini.

Airin juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menjauhi dan berpikir negatif apabila ada seseorang di sekitarnya yang tergolong menjadi ODP ataupun PDP.

Dengan mata yang sudah berkaca-kaca Walikota Airin tampak sangat terharu pada saat menyampaikan hal tersebut, dan tak lama airmatanyapun tumpah saat dirinya mengingat ada warganya yang tersudutkan akibat memiliki gejala serupa COVID-19.

“Tak perlu saya sebutkan wilayahnya, ada seorang warga yang yang berpengaruh dalam wilayah tersebut yang mengalami gejala.

BACA JUGA :   PEMKOT Bandung Bakal Minta Sektor Swasta Laksanakan Work From Home

Tiba-tiba anaknya kontak saya dan menceritakan bahwa keluarganya dijauhi oleh tetangganya,” ucap Airin yang menahan tangis karena haru.

Menurutnya, hal itu tak perlu dilakukan. Sebab untuk melawan virus yang tak terlihat ini, kita harus bersama-sama.

Dalam suasana haru tersebut, Airin berharap agar wabah COVID-19 ini cepat berlalu. Terlebih, dalam waktu dekat ini, bulan suci Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri pun akan segera tiba.

“Kita bersama-sama berikhtiar, dan tentu berdoa agar COVID-19 ini cepat berlalu. Terlebih sebentar lagi bulan puasa. Kita rindu kebersamaan dengan keluarga, semoga COVID-19 ini cepat berlalu,” ucap Airin dengan harunya.

Terpisah, Kepala Unit PMI Kota Tangsel, Suhara, menjelaskan, rumah ini merupakan rumah lawan COVID-19, dibuat senyaman mungkin oleh Pemkot Tangsel. “Wabah ini ada di Tangsel sejak pertengahan Maret, untuk Itu Kita bergerak bersama untuk lawan COVID, dengan mengkarantina orang yang sakit dari orang yang sehat,”ungkapnya.

Rumah lawan COVID ini dilengkapi 148 tempat tidur yang terdiri dari Pria 85 bed dan Wanita Sebanyak 63 bed.

Dimana 85 bed untuk laki-laki ini terdiri Dari ODP berjumlah 73 bed dan PDP Sebanyak 12 bed. Sedangkan wanita untuk ODP Sebanyak 50 bed dan PDP sebanyak13 bed.

BACA JUGA :   MODUS PENGGELAPAN, Polda Kalbar Ungkap 12 Mobil Rental dan 12 Motor Hasil Curanmor

Lebih lanjut Suhara menuturkan bahwa rumah lawan COVID ini memiliki fasilitas yakni tempat tidur masing-masing pasien dan Bagi yang membawa anak Ada extra bed.

Adaoun toilet dan kamar mandinya shower sebanyak 24 kamar mandi, juga dilengkapi TV disetiap kamarnya, serta fasilitas Wi-Fi dan dispenser didepan setiap kamar, apa pula mesin cuci serta tempat jemur serta setrika dan lainya.

Suhara sebagai penanggungjawab sekaligus koordinator rumah lawan COVID juga mengatakan bahwa setiap hari akan ada lagu-lagu atau music phsycotherapy, medical room yang dilengkapi dengan alat-alat medis.

Dimana petugas setiap shiftnya terdiri Dari Dokter umum, Perawat, petugas makanan, OB,relawan dan Supir ambulance.

“Bahkan Kita pun menyiapkan konsultasi psikologi, senam pagi atau OR, Rapidtest sebelum pulang, dan bagi pasien yang mengalami perburukan gejala akan dirujuk, sehingga Mobil ambulance selalu standby,” jelasnya.

Bahwasanya tempat ini tidak membuka pendaftaran, namun pasien berasal dari Puskesmas yang ada di Tangsel. “Jadi jika ada pasien rujukan dari Puskesmas ditempatkan disini.

Suhara pun mengingatkan Jangan mengucilkan mereka, Karena mereka bagian dari kita yang harus Kita lindungi bersama (ADV)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!