Universitas Indonesia Edukasi Siswa SD Kelola Sampah Dengan Beternak Maggot

Putraindonews.com – Tangerang | Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia telah mendukung berbagai program Pengabdian Masyarakat (PENGMAS). Kali ini, program Pengmas dilakukan melalui Klaster Interaksi, Pemberdayaan Masyarakat, Lingkungan Sosial Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI).

Tim ini dipimpin oleh Dosen Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL UI) Dr. Herdis Herdiansyah untuk memperkenalkan pengelolaan sampah dengan beternak maggot. Kepada siswa sekolah dasar. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari PT Pertamina (Persero) & PT Bumi Resources Minerals Tbk. Selasa (19/9/23).

BACA JUGA :   Ini Profil Inovasi "Halte Literasi" SD Negeri Rappocini, yang Masuk 6 Besar Lomba IMA 2023 Kota Makassar

Data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan timbunan sampah di Tangerang Selatan pada tahun 2022 telah mencapai 355,009 ton. Sehingga Universitas Indonesia perlu mengambil Langkah dalam Upaya pengurangan sampah dengan meningkatkan kesadaran pengolahan sampah di tingkat rumah tangga dengan mengedukasi anak-anak sebagai agen perubahan.

Helda Fachri, pendiri Bank Sampah Jaya DanaKirti memberikan edukasi kepada siswa tentang manfaat dan cara pengolahan sampah menggunakan maggot. Pemahaman mengenai pemanfaatan maggot dalam pengolahan sampah diharapkan dapat meningkatkan wawasan siswa dalam praktik pengolahan sampah dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan yang berkelanjutan.

BACA JUGA :   BRIN Ungkap Faktor Pemicu Hujan Lebat di Utara Jateng

Siswa kelas 5 SDN Muncul 1 yang mengikuti edukasi pengolahan sampah dengan maggot terlihat sangat antusias dalam mendengarkan serta aktif mencoba pengolahan sampah organic dengan maggot dan bertanya.

Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran di tingkat rumah tangga dengan mengedukasi para siswa. Red/Lina

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!