Waspada, Indonesia Temukan Kasus Cacar Monyet ‘Pasien Pertama Asal DKI Baru Pulang Dari Luar Negeri’

***

Putraindonews.com – Jakarta | Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia. Informasi ini disampaikan Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril dalam konferensi pers yang berlangsung Sabtu 20/8

“Sebelumnya sejumlah negara tetangga sudah mengonfirmasi kasus cacar monyet, penyakit itu akhirnya sampai juga di Indonesia”.

Syahril menjelaskan bahwa pasien tersebut tidak mengalami gejala yang terlalu berat, pasien cacar monyet pertama di Indonesia berjenis kelamin laki-laki dan berusia 27 tahun.

BACA JUGA :   Dewan Pimpinan MUI Tulungagung Resmi Dikukuhkan

Adapun, Pria tersebut berasal dari DKI Jakarta dan diketahui baru pulang dari luar negeri, tapi Kemenkes tidak menyebut negara apa yang dikunjungi.

Berikut kronologi kasus cacar monyet pertama di Indonesia ; Pasien berjenis kelamin laki-laki berumur 27 tahun baru pulang dari luar negeri, dan sepulang dari luar negeri pasien mengalami demam dan pembesaran kelenjar limpe.

Pasien tidak mengalami gejala berat, tapi ruam cacar muncul di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian alat genital.

BACA JUGA :   Pemkot Tangsel Launching TangselPay

Ketika mengetahui gejala tersebut, petugas kesehatan di Jakarta merespons dengan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk melakukan tes PCR.

Dalam hitungan dua hari pemeriksaan PCR tersebut dilakukan, tadi malam sudah diumumkan bahwa pasien tersebut positif terkonfirmasi terkena cacar monyet. Saat ini menurut Kemenkes, pasien dalam keadaan baik-baik saja, karena gejalanya ringan.

Pasien pertama cacar monyet tersebut juga tidak perlu harus dirawat masuk di ruang isolasi tapi cukup isoman di rumah.

Red/HS

***

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!