Animo Warga Tangsel Sambut Pilkada dan Pilgub 2024: Menandai Era Baru Demokrasi Lokal

Putraindonews.com, Tangerang Selatan – Jelang Pilkada Serentak 2024 dan Pilgub yang akan datang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) khususnya, semakin terlihat semangat demokrasinya ditengah masyarakat dimana betapa besar kepedulian mereka terhadap arah dan masa depan daerah serta provinsi.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2024 Kota Tangerang Selatan hanya ada dua pasangan bakal calon Wali Kota/Walil Wali Kota Tangerang Selatan yaitu, H.Benyamine Davnie-H.Pilar Saga Ichsan, dan Ruhamaben-Shinta. Sedangkan untuk Pilgub Banten juga ada dua calon yaitu, pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Tingkat partisipasi warga Tangerang Selatan dalam pilkada kali ini juga menunjukkan peningkatan signifikan yang sangat positif. Warga tidak hanya aktif untuk mengenal lebih dekat mengenai calon-calon pemimpin yang akan maju dan bertarung di Pilkada dan Pilgub. Masyarakat juga mulai ingin mengetahui lebih detil visi dan misi calon, program kerja, serta isu-isu strategis lokal. Ini mencerminkan sebuah kematangan demokrasi di tingkat lokal yang patut dihargai semua pihak.

Selain itu, perlunya sosialisasi program-program dan penyampaian pendidikan pemilih oleh penyelenggara pemilu serta lembaga masyarakat sipil karena ini sangat berperan penting, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran politik, membantu warga dalam memahami hak dan tanggung jawab mereka sebagai pemilih.

BACA JUGA :   Nasi Koyor Legend Kota Semarang, Ada sejak 1955

Selain memahami setiap calon-calon yang akan bertarung akan menumbuhkan tingkat minat warga masyarakat untuk terlibat aktif dalam proses pemilihan ke depan.  Disisi lain, penting bagi semua pihak, baik calon pemimpin, tim kampanye, maupun masyarakat untuk menjaga suasana tetap kondusif dan fokus pada pencapaian visi bersama untuk Tangerang Selatan dan Provinsi Banten.

Tantangan Dan Kewaspadaan

Namun, dibalik semangat yang positif itu, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi dan diantisipasi. Salah satunya adalah potensi polarisasi yang bisa muncul akibat perbedaan pandangan politik. Dalam suasana seperti ini, sangat penting untuk menjaga dialog tetap konstruktif dan menghindari penyebaran informasi yang bisa memicu perpecahan.

Komitmen semua pihak untuk menjaga suasana kondusif, serta fokus pada pencapaian tujuan bersama, menjadi kunci untuk memastikan pemilihan berlangsung dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Harapan Untuk Masa Depan

Dengan terjaganya semangat dan antusiasme yang tinggi, warga Tangerang Selatan harus dapat menunjukkan bahwa mereka siap untuk menghadapi tantangan demokrasi yang ada. Karena itu, harapan besar dapat tersirat dari partisipasi aktif mereka, bahwa pemilihan ini tidak hanya akan menghasilkan pemimpin yang kompeten, tetapi juga memperkuat kepercayaan publik terhadap sistem demokrasi.

BACA JUGA :   Makna Puasa Hakekat Bagi Umat Islam

Momen Pilkada dan Pilgub, jika dikelola dengan baik, memiliki potensi untuk menjadi tonggak sejarah bagi perkembangan demokrasi di Tangerang Selatan, terlebih sudah dua kali sukses melaksanakan Pilkada. Semangat ini diharapkan tidak hanya mengarah pada pemilihan yang sukses, tetapi juga pada masa depan yang lebih baik, dengan pemimpin yang mampu membawa perubahan positif dan kemajuan bagi seluruh masyarakat khususnya Kota Tangerang Selatan.

Dengan semua dinamika ini, tampaknya Tangerang Selatan sedang berada pada momen krusial untuk menunjukkan kekuatan demokrasi yang positif. Harapan kita, semangat ini terus terjaga hingga hari pemilihan dan seterusnya, agar hasil Pilkada dan Pilgub serentak tahun 2024 dapat mencerminkan pilihan yang terbaik untuk kemajuan daerah khususnya di Kostmmta Tangerang Selatan dan Provinsi Banten, serta memperkuat kepercayaan publik terhadap sistem demokrasi.

Semoga energi dan dedikasi yang ditunjukkan oleh warga Tangerang Selatan. Pilkada dan Pilgub dapat menjalankan proses demokrasi yang sehat dan produktif. Karena semua elemen dan lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab untuk menjaga semangat ini dan saling bekerja sama menuju tujuan bersama yaitu sebuah pemerintahan yang responsif, transparan, dan berpihak pada kesejahteraan masyarakat.(@2024)

Penulis: A.S Lingga
Sekretaris DPC HMKI Tangsel

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!