Putraindonews.com – Jakarta | Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, mencatatkan jejak gemilang dengan melangkah ke dunia jurnalistik pada event internasional saat menjalani magang di Media Harian Bhirawa. Magang ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah keterampilan jurnalistik dan mendapatkan pengalaman berharga di dunia media cetak.

Harian Bhirawa merupakan media cetak dan media online di Jawa Timur yang masih aktif hingga saat ini dan telah mendapatkan kepercayaan. Sehingga Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya menjalin kerja sama dengan media cetak Harian Bhirawa dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Magang adalah syarat wajib yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa Untag Surabaya. Pada pelaksanaannya magang tahun ini diikuti oleh mahasiswa aktif minimal semester 5 yang telah mengikuti tahapan seleksi dan nantinya akan dikonversikan dengan mata kuliah sebanyak 20 sks.

Putri dwi Lestari Mahasiswa Untag Surabaya melakukan wawancara kepada Bapak Mirza Muttaqin selaku ketua POSSI Jatim, Senin 6 November 2023

Program magang mahasiswa Untag Surabaya di Harian Bhirawa dimulai pada 4 September hingga 30 Desember 2023 atau selama 4 bulan.

Selama proses magang berlangsung, mahasiswa didampingi oleh Dosen pembimbing yaitu Bapak Wahyu Kuncoro dan pembimbing magang yaitu Bapak Wawan, mereka telah memberikan pembekalan secara intensif dan tidak hanya mempersiapkan mahasiswa secara teknis, tetapi juga membimbing untuk menghadapi dunia kerja dengan percaya diri serta menggali pengetahuan secara dalam, selama proses magang berlangsung baik bapak wahyu kuncoro dan bapak wawan selalu mendukung dan memastikan bahwa setiap langkah mahasiswa diiringi oleh bimbingan yang baik.

Salah satu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya yang mengikuti kegiatan magang MBKM yaitu, Putri Dwi Lestari. Mahasiswa yang memiliki tubuh tidak seberapa tinggi dan menggunakan kerudung ini telah melakukan berbagai aktifitas jurnalistik, seperti dengan terlibat pada penulisan berita, menjadi reporter yaitu dengan live report saat adanya liputan, mempelajari teknik bagaimana pengambilan foto dan video, melakukan editing video dari hasil liputan dan juga mengikuti berbagai event penting yang ada di Surabaya dan Sidoarjo.

Salah satu event yang telah diikuti dan termasuk kedalam event pertama yaitu, Porprov VIII 2023 yang diselenggarakan di Gor Delta Sidoarjo, event ini berlangsung selama delapan hari yaitu mulai 9-16 September 2023 ini merupakan tugas awal dalam kegiatan jurnalistik yang diberikan oleh Bapak Wawan selaku pembimbing magang. Porprov VIII 2023 juga merupakan event olahraga terbesar di Jawa Timur yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Tugas yang diberikan salah satunya dengan memantau cabang olahraga yang diperlombakan seperti Bola Voli, Sepak Bola, Atletik, dll dengan mengambil video dan gambar lalu melakukan editing yang nantinya dikirimkan kepada Bapak Wawan untuk dikonfirmasikan terlebih dahulu sebelum diunggah sebagai konten akun Youtube Harian Bhirawa yaitu dengan nama Bhirawa Tv.

Pada event selanjutnya yaitu pada kejuaraan internasional, Xpora Indonesia International Challenge yang digelar di Jatim Expo Surabaya pada tanggal 17-22 Oktober 2023, mahasiswa magang kembali ditugaskan untuk melakukan liputan dan wawancara kepada para atlet, terdapat beberapa atlet yang berhasil di wawancarai salah satunya adalah, Hiroki Nishi & Akari Sato, atlet jepang yang memenangkan juara pada nomor pasangan ganda campuran.

Meskipun terkendala bahasa, Putri sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi bermodalkan nekad dengan ditemani oleh penerjemah akhirnya berhasil melakukan wawancara yang kemudian berita tersebut ditulis dan dikonfirmasikan kepada pembimbing magang.

Di tempat yang sama, kembali digelar event internasional bergengsi di surabaya yaitu BNI Indonesia Maters 2023, super 100. Pada 24-29 Oktober 2023. Acara yang berlangsung sangat meriah karena tingkatannya berbeda dengan sebelumnya, dan diikuti oleh atlet yang memiliki peringkat baik dan kelas dunia.

Tidak berbeda dengan sebelumnya, tugas yang dilakukan sama yaitu layaknya jurnalis. Disini mahasiswa magang dituntut membuat pertanyaan untuk para juara dan melakukan pengambilan foto serta video selama pertandingan berlangsung hingga proses upacara penyerahan medali dan terakhir sesi wawancara bersama para atlet.

Selain melakukan liputan di kelas international, Putri Dwi Lestari kembali ditugaskan untuk melakukan liputan pada event Piala Gubernur Jawa Timur, Kejuaraan Nasional Finswimming 2023.

Dengan membuat pertanyaan dan melakukan wawancara kepada narasumber yaitu Bapak Mirza Muttaqin selaku Ketua POSSI Jatim, tentang bagaimana persiapan pada pelaksanaan kegiatan finswimming, di sini mahasiswa juga dituntut untuk membuat live report kegiatan selama kegiatan berlangsung, lalu membuat editing video setelah itu

dikonfirmasikan kepada pembimbing magang untuk di unggah ke akun Youtube Bhirawa TV. Adapula Event dibidang ekonomi yang pernah Putri ikuti yaitu Press Conference Schneider Eletric Indonesia pada 25 Oktober 2023, di Hotel JW Mariot Surabaya. Disana juga dijelaskan tentang perkenalan solusi terbaru untuk berbagai sektor industry.

Dengan demikian, adanya kegiatan jurnalistik pada event internasional dan nasional menjadikan para mahasiswa untuk terus mempelajari secara dalam dan mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Para pembimbing magang sangat menyarankan kepada mahasiswa magang untuk terus mengeksplorasi berbagai kegiatan yang dapat dijadikan sebagai bahan kegiatan jurnalistik dengan mencari berita terbaru dan menarik sebagai dasar untuk melatih skill pada bidang jurnalistik.

Diharapkan dengan adanya Putri sebagai mahasiswa magang dapat memberikan dampak positif bagi Harian Bhirawa maupun akun Youtube Bhirawa TV.

Penulis: Putri Dwi Lestari (Mahasiswi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya)