Kedatangan Tim Verlap Adiwiyata Mandiri KLHK di SD Negeri Borong Makassar

Putraindonews.com, Sulsel – Halo semua, aku Citra murid kelas 5A SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Aku ingin menceritakan kedatangan Tim Verlap Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Verlap ini verifikasi lapangan untuk Adiwiyata Mandiri.

Pagi hari, Rabu, 4 September 2024, aku bangun pukul 07.00 wita. Lihat handphone dulu. Setelah itu aku mandi. Karena kemarin aku sudah setrika baju, jadi tinggal dipakai. Namun, pukul 08.20 baru aku pakai baju.

Selanjutnya, pukul 08.56 aku berangkat ke sekolah. Aku berpamitan terlebih dulu pada Mama dan meminta doa untuk kelancaran hari ini.

Aku percepat langkahku, sepertinya aku hendak berlari biar cepat sampai ke sekolah. Begitu tiba, aku sangat capek.

Pukul 09.00, kami gladi sebagai persiapan supaya lancar. Aku ikut di kelompok ekstrakurikuler Pramuka. Setelah itu kami disuruh naik ke kelas masing-masing untuk makan. Pukul 11.00 kayaknya kami disuruh turun ke tempat semula.

Tak lama kemudian, mungkin kira-kira pukul 12an Tim Verlap Adiwiyatanya Mandiri tiba. Tim ini terdiri dari Pak Salim Sanjaya dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Papua, dan Bu Nur Rofika Ayu Shinta Amalia dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek.

BACA JUGA :   Arwinny Puspita dan 'Beranda Pak RT' RRI Makassar

Bersama mereka juga ada tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Selatan. Juga dari DLH Kota Makassar.

Tim Verlap Adiwiyata Mandiri disambut dengan pantun oleh Bu Nisa. Pantunnya seru, yang dibalas oleh kami dengan cakeeeppp.

“Kolam ikan dihalaman sekolah
Tumbuhan hijau tertara indah
Mati wujudkan sekolah Adiwiyata
Lingkungan bersih nyaman tertata”

“Makan kentang hasil cangkokan
Kentang ditumis tambah pepesan
Selamat datang kami ucapkan
Kepada bapak ibu tersayang”

Begitu tim masuk, dilakukan pemasangan selendang oleh ananda Khanza dan aduh, yang satunya aku lupa. Terus disambut dengan dance semaphore oleh kami, Pramuka SD Negeri Borong. Sesudah dance semaphore, kami berjabat tangan dengan Tim Adiwiyata Mandiri.

Aku bersiap-siap ke tempat yang sudah ditentukan. Tempat aku di Green House, yaitu tempat pembibitan tanaman.

BACA JUGA :   Banyuwangi Berikan Kemudahan Layanan Bisnis dan Investasi

Aku melihat Tim Verlap Adiwiyata menuju Perpustakaan Gerbang Ilmu. Mereka juga berkeliling didampingi oleh Ibu Rosmiaty dari Tim Adiwiyata SD Negeri Borong.

Banyak lho yang ditampilkan oleh sekolahku sebagai calon penerima Adiwiyata Mandiri. Di antaranya, ada komposter, tanaman obat keluarga (toga), Green House, bank sampah, dan Sarerong. Sarerong ini produk “sarabba sehat Borong”, berupa minuman herbal tradisional Makassar. Alhamdulillah, kegiatan hari ini lancar.

Tim Verlap Adiwiyata Mandiri-nya ramah banget, ganteng dan cantik pula. Semoga SD N Borong bisa lolos. Aamiin.

Sesudah itu, guru-guru dan Tim Verlap Adiwiyata foto bersama. Tentu momen hari ini akan menjadi kenangan bagi kita semua, termasuk aku. Hari ini pun always smile. Insya Allah, Ibu Rosmiaty Goes To Jakarta hehehe.

Sungguh, masih kebayang-bayang kegiatan kemarin. Saking senangnya, aku tak sabar berbagi cerita untuk pembaca sekalian. Demikian cerita aku hari ini. Terima kasih.

Oleh: Citra (Murid kelas 5 SD Negeri Borong, Makassar).

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!