AMIN Usung Program NEF untuk Perkuat Sektor Pertahanan

Putraindonews.com – Jakarta | Jubir Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Sukamta menyebut pasangan calon nomor urut 1 akan mengusung program bernama New Essential Forces (NEF) untuk sektor pertahanan, khususnya soal pengelolaan pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Dalam keterangannya Sukamta menjelaskan program NEF disusun berdasarkan kondisi negara Indonesia yang kini dinilai lebih memilih berutang untuk membeli alat perang daripada alat pertanian.

Dia menambahkan seorang presiden sebagai kepala suatu negara semestinya memiliki prioritas dalam pembangunan di tengah keterbatasan kondisi fiskal.

BACA JUGA :   KPU Gelar Peremuan dengan RSPAD Gatot Soebroto Soal Tes Kesehatan Capres-Cawapres

“Jadi, memprioritaskan aspek pertahanan di atas kesejahteraan itu tidak bijak; karena pertahanan yang paling utama adalah pada kualitas sumber daya manusianya,” kata Sukamta, Minggu (7/1/24).

NEF merupakan program pengadaan alutsista yang lebih berbasis pada fungsi dan adaptasi teknologi.

Ke depannya, Sukamta mengatakan pengadaan alutsista tidak hanya yang besar-besar, tetapi juga perlu melihat efektivitas, kecanggihan, dan efisiensi alutsista itu sendiri.

BACA JUGA :   Ganjar Hadiri 'KAGAMA Ngobrol Santai'

Soal peribahasa Latin civis pacem para bellum, yang berarti kalau ingin damai, harus siap perang, harus ditempatkan secara bijak sesuai dengan tempatnya.

Anggaran belanja alutsista, menurut Sukamta, jangan sampai melampaui yang semestinya karena rakyat juga perlu kesejahteraan.

“Sehingga, ketidaksejahteraan rakyat juga merupakan ancaman terhadap ketahanan nasional. Kalau rakyat miskin, maka secara tidak langsung negara akan rentan dan rapuh meskipun alutsista kuat,” katanya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!