Ketua DPC HMKI Tangsel: Organisasi Kita Independen, Politik Hak Mereka Secara Individu

Putraindonews.com – Tangerang Selatan | “Organisasi HMKI merupakan wadah dimana kita di tempah dan di bentuk karakternya menjadi jiwa-jiwa mandiri, sosial, dan bermasyarakat serta menjaga kelestarian nilai – nilai budaya leluhur.”

Ini disampaikan Hendra Surbakti,SE, Ketua DPC Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kota Tangerang Selatan, agar DPC HMKI Tangsel lebih fokus pada pergerakan ditengah elemen masyarakat, tanpa terafiliasi kepentingan politik tertentu.

“Selain itu, ormas HMKI dibentuk berdasarkan kesamaan suku sehingga ikatan dengan anggota menjadi lebih kuat dengan mengedepankan gerakan sosial, ekonomi, budaya dan kemasyarakatan.” tambahnya.

Ia menjelaskan sebagai organisasi independen yang tidak terafiliasi dengan partai apapun, ini sesuai di dalam AD/ART organisasi ini.

Kendati demikian, kata Hendra Surbakti, memang ada beberapa anggotanya yang masuk didalam Partai Politik, itu sah – sah aja karena hak mereka secara individu untuk menggunakan hak politiknya.

BACA JUGA :   Kampanye Hari ke-28 Paslon No Urut 3, Mahfud Md ke NTB, Ganjar Hadiri Acara Internal

“Selama dia tidak menggunakan atau mengatas namakan organisasi ke ranah politik,  ya enggak apa-apa dong. Silahkan berpolitik diluar organisasi, jangan membawa politik ke dalam tubuh Organisasi khususnya DPC HMKI Kota Tangerang Selatan.”  ujarnya.

“Kita khan enggak boleh mengekang hak politik seseorang. Itu hak mereka, kami tidak larang, terserah individu masing – masing menggunakan hak politik atau menyalurkan aspirasi politiknya. Ingat secara personal bukan secara organisasi,” tegasnya kepada media, Sabtu (24/06/2023).

Menurutnya, meningkatnya partisipasi politik, merupakan salah satu parameter dalam penilaian tingkat demokrasi di negara ini. Semakin tinggi tingkat partisipasi politik masyarakat, itu menunjukkan demokrasi berkualitas, dan juga sebaliknya, disaat partisipasi masyarakat dalam politik kecil atau rendah, itu menunjukkan apatisme dan ketidakpercayaan masyarakat.

BACA JUGA :   Pawai Budaya Iringi Pendaftaran 50 Bacaleg PDIP Tangsel ke KPUD

Hal sama diutarakan Ahm Lingga Sekretaris DPC HMKI Tangsel bahwa  kita khususnya DPC HMKI Tangsel sebagai organisasi akan berusaha menjaga netralitas ditengah meningkatnya suhu politik.

“Seperti diutarakan Ketua kami, kita adalah organisasi yang independen, artinya tidak berpolitik tetapi lebih mengarah sosial, ekonomi, budaya dan kemasyarakatan.” ujarnya.

Kendati demikian, meskipun ada kader/anggota DPC HMKI Tangsel yang terjun di dunia politik dengan masuk ke berbagai Partai Politik, tentu itu hak mereka secara individu.” tambahnya.

Menurutnya, Organisasi masyarakat (ormas) DPC HMKI Tangsel selalu berpegang pada ideologi bangsa ini, yaitu Pancasila dengan tujuan melestarikan nilai – nilai seni budaya. Selain itu, kami berkomitmen berperan aktif bersama tiga pilar dan komponen masyarakat menciptakan kenyamanan dan kondusifitas di wilayah Kota Tangerang Selatan. Red/RZ

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!