KPU Karawang Sediakan Ratusan TPS Cadangan

Putraindonews.com – Karawang | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat tengah mempersiapkan ratusan tempat pemungutan suara (TPS) cadangan untuk pemilihan umum 2024, untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir pada hari pencoblosan.

“Segala kemungkinan bisa terjadi saat musim hujan, termasuk banjir saat hari pemungutan suara. Jadi kami menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) cadangan pada pemilu nanti,” kata Sekretaris KPU Karawang Fauzi Purwendi, dikutip Antara Rabu (25/10/23).

Ia mengatakan sesuai dengan pendataan dan pemetaan yang dilakukan di tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan, terdapat 126 TPS yang telah ditentukan pada Pemilu 2024 masuk kategori rawan bencana banjir.

BACA JUGA :   Audiensi ke KPU, Partai Kebangkitan Nusantara Konsultasi Ikut Pemilu

Sebanyak 126 TPS yang masuk kategori rawan bencana banjir itu tersebar di 33 desa dari sembilan kecamatan.

Meski telah diketahui terdapat ratusan TPS yang rawan bencana banjir, tetapi titik lokasi TPS tersebut tidak akan dipindah ke titik lokasi lain.

Sebagai upaya antisipasi, kata dia, KPU Karawang kini telah menyiapkan lokasi TPS cadangan jika sewaktu-waktu titik TPS rawan bencana banjir itu tidak memungkinkan digunakan.

Menurut dia, titik lokasi TPS cadangan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku, yakni tidak terlalu jauh dari lokasi awal, agar jaraknya juga terjangkau oleh pemilih yang terdaftar di TPS tersebut.

BACA JUGA :   Soal Golkar Minta Jatah 5 Menteri, Gerindra: Kalau Kerja Maksimal Bisa Lebih

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga tingkat partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada pemungutan suara nanti.

“Untuk TPS rawan bencana kita sudah menginformasikan ke PPK dan PPS untuk menyiapkan lokasi cadangan yang aman dari bencana banjir, tapi lokasinya yang tidak terlalu jauh dari lokasi awal, karena kita juga memperhitungkan tingkat partisipasi pemilih,” katanya. Red/SG

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!