Partai Gelora Dorong Pemerintah Segera Bentuk Matra Siber Demi Jaga Kedaulatan Data Nasional

Putraindonews.com – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia berharap kasus peretasan Pusat Data Nasional (PDN), bisa segera diselesaikan agar tidak membebani pemerintahan ke depan. Sebab, ancaman siber ke depan akan semakin besar, sementara peretasan PDN saat ini perlu ditangani lebih serius.

Pendapat ini disampaikan Ketua DPN Partai Gelora Indonesia Endy Kurniawan dalam Gelora Talk bertema ‘PDN Jebol Diretas, Bahaya di Mana Negara?’, dikutip Kamis (4/7/2024).

BACA JUGA :   Breaking News! Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar

Endy menyarankan seharusnya langkah pengamanan PDN agar tidak lagi diretas atau dibobol hacker, perlu ditangani serius dengan strategi Pertahanan dan Keamanan (Hankam), serta Intelejen.

“Kami cukup sering menyorot tema peretasan dalam konteks keamanan data konsumen dan data negara. Hal ini mengkhawatirkan karena terus menguat dan meluas,” katanya lagi.

Partai Gelora, masih kata Endy, mengusulkan agar pemerintah segera membentuk matra khusus siber, selain matra darat, laut dan udara agar strategi penanganan serangan siber lebih terintegrasi, termasuk menjaga kedaulatan data nasional.

BACA JUGA :   Soal Hasil Pemilu, Tokoh Publik Minta Masyarakat 'Ojo Kesusu, Sing Sabar'

“Narasi Partai Gelora adalah menjadikan Indonesia superpower baru, oleh sebab itu siber perlu perhatian khusus kalau perlu dibentuk matra khusus siber. Strateginya harus terintegrasi dengan hankam untuk menjaga kedaulatan data nasional,” pungkasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!