Profil dr Lula Kamal Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta 2024-2029

Putraindonews.com – Deretan tokoh publik baik dari kalangan politisi, aktivis, tokoh agam hingga artis digadang-gadang bakal maju sebagai kontestan pada ajang Pilkada DKI Jakarta.

Di antara deretan artis, dokter artis Lula Kamal dsebut-sebut bakl ikut maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029.

Sosok dr. Lula Kamal, M.Sc. (lahir 10 April 1970) adalah seorang dokter, aktris, dan pembawa acara berkebangsaan Indonesia.

Lula Kamal tercatat pernah menimba ilmu di Universitas Trisakti pada 1988-1995.

Pada 2002, ia mengambil ACLS di University of Indonesia dengan konsentrasi pada Advanced Cardio Live Support training.

Pada 2003-2004, ia melanjutkan pendidikan tinggi di King’s College London, UK dengan fokus kajian pada MSc in Clinical and Public Health Aspects of Addiction dan Graduated with Merit. Juga sukses meraih gelar medical doctor from Medical Faculty.

Pekerjaan Aktris, Pembawa Acara, dokter, Tahun aktif 1990 – sekarang sebelum akhirnya memilih terjun dalam dunia politik bersama partai politik Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam menjalani rumah tangga, dr cantik ini pernah menikah dengan Ismail Khan pada 2000⁠ dan berakhir ⁠2004.

Lula kemudian memilih menikah lagi dengan pria bernama Andi Mulyadi Tirtasasmita pada 2007 dan bertahan hingga sekarang.

Anak dari pasangan Kamal Muhammad dan Alwiyah Bawazier itu dikaruaniai empat anak.

BACA JUGA :   Cak Imin Imbau Relawan Perbanyak Berdoa di Masa Tenang Kampanye

Selama menempuh studi S-2 di King’s College London, mengambil bidang rehabilitas narkoba dan adiksi.

Lula terjun ke dunia hiburan Indonesia dimulai saat menjadi None Jakarta 1990. Namun, Lula tidak langsung masuk ke dunia hiburan karena ingin menyelesaikan pendidikan dokternya.

Nama Lula mulai dikenal luas saat menjadi pembawa acara Buah Bibir di RCTI dan Alternatif di ANTV. Lula juga pernah menjadi penyiar radio Delta FM dan Trijaya FM. Tahun 2006, Lula terjun ke dunia akting dengan turut berperan dalam film Berbagi Suami.

Namanya sempat tercatat dalam sejumlah film yang dibintangi, mulai dari Berbagi Suami, Dokter Lula 2006, Chika, Indra Prayuda 2008, My Idiot Brother Dokter tumbuh kembang 2014 dan 172 Days Dokter kandungan 2023.

Dalam hal perjuangan politik, Lula memiliki sejumlah visi dan misi yakni untuk membantu rakyat sampai tercipta kesejahteraan rakyat yang merata di seluruh Indonesia.

Ia juga konsen mengawal peran negara untuk hadir dari lahirnya seorang WNI sampai akhir hayatnya. Dari dalam kandungan, program kesehatan menyeluruh bagi ibu hamil, pencegahan stunting dini sampai ibu melahirkan.

Berikut adalah beberapa poin visi-misi Lula: Pangan dan kebutuhan pokok yang terjamin bagi seluruh masyarakat dari bayi sampai dewasa; Pemerataan kesempatan belajar sampai S1 di seluruh Indonesia; Ketersediaan lapangan pekerjaan untuk angkatan kerja. Termasuk di luar negeri, ini masuk persiapan dan perlindungan maksimal untuk pekerja migran Indonesia; Program untuk lansia, dan akhirnya program-program yang berkaitan dengan akhir hayat seseorang; Seluruh program ini harus dirasakan oleh setiap warga Negara. Lintas gender, suku, agama, ras dll; dan Negara juga harus hadir untuk kaum disabilitas, anak-anak berkebutuhan khusus, dan korban narkoba.

BACA JUGA :   Pendiri LSI Denny JA Ungkap Penyebab Elektabilitas Anies Menurun

Segudang pengalaman juga tak kalah mentereng diraih, mulai dari menjadi Speaker and Motivator mostly for public about Woman Health, Drug use, Cancer hingga Medical Doctor, Health and Sex Educator for Women, TV Presenter, Moderator and MC, and Model for Adds. 1996 – sekarang.

Di samping itu, sederet prestasi juga telah ia gapai mulai dari Miss Jakarta 1990 for Central Jakarta, Miss Jakarta 1990 for DKI Jakarta, Miss Campus Indonesia 1993, Best student from Trisakti University 1995, 9 Woman of the Year from Matra Magazine 2000, Chevening Awards from British Council/Embassy 2002 dan Duta Lingkungan Hidup (Environment Ambassador).

Tidak hanya itu, dirinya juga sempat meraih penghargaan sebagai Duta Percepatan Diversifikasi Pangan (Ambassador for food diversification), Orang Tua Cerdas Berkarakter – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Desember 2020 hingga Anugerah Inspirasi Wanita Indonesia – IPEMI Desember 2021. Red/SB

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!