Puisi ‘Banteng yang Terluka’, Jadi Pengingat agar Kader PDIP Tak Jadi Pengecut

Putraindonews.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Rakernas kali ini mengambil tema ‘Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang’ dan subtema ‘Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran’.

Menariknya, seremoni rencana Rakernas V PDIP kali ini, ditandai serah terima obor api dari Mrapen oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dilokasi arena rakernas, Kamis (23/5/2024).

Hasto sebelumnya berlari membawa obor api abadi Mrapen bersama Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi atau Hendi dan sejumlah politikus PDIP. Sejumlah pemuda dan kader dari partai berlabang Banteng dalam Lingkaran, juga ikut berlari mendampingi Hasto yang membawa obor api abadi Mrapen.

Hasto berlari dari Jalan HBR Motik, Kemayoran, menuju Beach City International Stadium dengan jarak 6 kilometer. Selanjutnya, obor api abadi tersebut diserahkan kepada Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun.

Mengenakan setelan serba hitam, Komarudin menyambut Hasto dan rombongan pelari yang tiba di lokasi Rakernas V PDIP, dengan membacakan puisi berjudul ‘Banteng yang Terluka’ yang berisi lecutan semangat bagi kader PDIP.

BACA JUGA :   Mahfud MD Soal Tindak Pidana Pemilu: Mencegah Lebih Baik Daripada Menunggu di Tikungan

Puisi Komarudin juga mengingatkan kader PDIP untuk tidak menjadi pengecut dan tetap dalam satu barisan bersama sang ketum Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, Hasto dalam sambutannya mengatakan, rasa letih berlari sejauh 6 kilometer menjadi sirna ketika mendengarkan puisi dari Komarudin.

“Kelelahan itu sepertinya sirna ketika kami mendengarkan puisi yang dibacakan oleh putra Indonesia Timur Bapak Komarudin Watubun saudara-saudara sekalian,” ucap Hasto.

Jokowi Tak Diundang

Ketua Steering Committee, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, obor api abadi Mrapen, menjadi simbol semangat PDIP dalam konsolidasi partai dan pemenangan Pemilukada Serentak pada 27 November 2024.

“Api perjuangan nan tak kunjung padam tersebut menjadi api semangat di dalam melakukan konsolidasi partai,” ujar Djarot sembari menekankan pentingnya belajar dari dunia olahraga, di mana ketaatan terhadap aturan dan sportivitas merupakan kunci utama.

BACA JUGA :   PB.HMI Menghimbau Kepada Kader Agar Tidak Muda Terprofokasi Dengan Isu - Isu

Selama tiga hari, Rakernas akan membahas tiga topik utama. Pertama, Rakernas akan membahas sikap dan posisi PDIP terhadap pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto . Kedua, membahas program-program kerakyatan. Ketiga, sebagai wadah untuk melakukan koordinasi kekuatan partai dalam menyongsong Pilkada 2024.

Djarot juga menyampaikan harapannya agar semangat dari api perjuangan ini mampu mengatasi tantangan demokrasi yang sedang dihadapi Indonesia. Ia mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya kelompok pro-demokrasi, untuk bersama-sama berjuang demi kebenaran dan keadilan.

“Olahraga mengajarkan kita bahwa prestasi tidak bisa diraih melalui jalan pintas. Begitu juga dalam politik dan pemerintahan, di mana kejujuran dan persaingan sehat harus dijunjung tinggi,” tambahnya.

Rakernas V PDI Perjuangan kali ini tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang diketahui tengah menyibukkan diri dengan agenda kepresidenan lainnya. Meskipun begitu, kehadiran para elite partai dan kader dari seluruh Indonesia diharapkan mampu memberikan kontribusi maksimal dalam pembahasan dan pengambilan keputusan strategis untuk partai. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!