Soal Pengunduran Diri Menkopolhukam, Pratikno Benarkan Pertemuannya dengan Mahfud Md

Putraindonews.com – Jakarta | Menteri Sekretaris Negara, Pratikno membenarkan peremuannya dengan Menko Polhukam Mahfud Md di tengah hembusan kabar pengunduran diri calon wakil presiden no urut 03 itu.

“Tadi malam beliau dan saya bertemu,” ungkap Pratikno kepada wartawan, Selasa (30/1/24//).

Menurut Pratikno, Mahfud Md menyampaikan permohonan agar menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kendati begitu, apa tujuan pertemuan itu belum diketahui pasti.

“Pak Menko mohon menghadap Bapak Presiden,” ujar dia.

Sebelumnya, Mahfud menyampaikan mengenai rencana mundur dari jabatan Menko Polhukam. Mahfud menyebut rencana itu sudah terpikirkan sejak lama.

BACA JUGA :   Bapilu Gerindra Targetkan Kemenangan Prabowo-Gibran di Jabar Capai 65 Persen

“Saya merencanakan mengundurkan diri itu sebenarnya sudah lama ketika akan mulai debat pertama,” kata Mahfud di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1) malam.

Salah satu alasan Mahfud ingin mundur dari Menko Polhukam adalah agar bisa leluasa membuka data dan menyampaikan kritik kepada pemerintahan.

“Agar lebih leluasa membuka data sebenarnya sehingga lebih etis jika saya membaca data-data itu jika saya tidak di pemerintahan,” ujarnya.

BACA JUGA :   Fahri Hamzah Minta Akademisi Hati-hati 'Permainan' Politisi Jelang Pilpres 2024

Pertimbangan lainnya adalah mengenai etikanya terhadap Presiden Jokowi. Dia mengatakan diangkat secara terhormat dan penuh kepercayaan oleh Jokowi menjadi Menko Polhukam.

“Tetapi, pada waktu itu ada beberapa pertimbangan, pertimbangannya adalah perlu etika saya kepada Pak Jokowi. Saya dulu diangkat oleh beliau dengan sangat terhormat dengan penuh kepercayaan kepada beliau sebagai presiden rakyat dan saya harus mempersiapkan masa transisi baik-baik. Karena saya akan bersama calon presiden lain namanya Pak Ganjar Pranowo” ujarnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!