Hadiri HUT ke-50 Asosiasi Kontraktor Indonesia, Menteri Basuki Tekankan Peningkatan Kualitas Konstruksi

Putraindonews.com – Jakarta | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya jasa konstruksi. Salah satunya termasuk melalui Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI), yang menjadi media berkembangnya peran aktif para kontraktor dalam pertumbuhan jasa konstruksi di Indonesia.

“AKI merupakan asosiasi kontraktor besar di Indonesia dengan jumlah anggota sebanyak 154 orang. Saya kira kontribusi AKI akhir-akhir ini dapat dirasakan bagi pemerintah. Karena jasa konstruksi turut berkontribusi besar dalam meningkatkan daya saing Indonesia yang meningkat 10 tingkat. Kontribusi sektor jasa konstruksi terhadap pembentukan PDB Indonesia saat ini berkisar 10,1%. Signifikan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri “The Harmony Night”, yang merupakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 AKI, Senin (02/10/23), di Jakarta.

Dalam kesempatan itu pula, Menteri Basuki mengatakan bahwa salah satu tantangan dari para kontraktor Indonesia ke depannya adalah kualitas. Oleh karena itu, dalam kunjungan kerjanya sebagai Chief de Mission (CdM) Asian Games ke-19 di Tiongkok mendatang, Menteri Basuki juga memperhatikan kualitas hasil pekerjaan dan mempelajari metodologi konstruksi di Tiongkok.

BACA JUGA :   Menteri Basuki Lantik Pimpinan Tinggi Ahli Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama Kementerian PUPR

Menteri Basuki mengatakan agar AKI juga banyak menimba ilmu dan pengalaman kerja sektor konstruksi dari negara maju, antara lain Tiongkok, untuk meningkatkan kualitas konstruksi di Indonesia. Hanya dengan terus belajar dan bekerja lebih baik, kita dapat memenuhi aspek-aspek pembangunan infrastruktur kedepannya, yaitu aspek peningkatan kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan.

“Harapannya para kontraktor Indonesia dapat melihat sendiri bagaimana metodologi konstruksi di negara-negara maju. Jadi kita tidak hanya mengagumi saja, tapi kalau bisa diterapkan juga di Indonesia sehingga ada dampaknya bagi perkembangan sektor konstruksi di Indonesia,” tambahnya.

Ketua Umum AKI Joko Sarmono berterimakasih kepada Kementerian PUPR atas kolaborasi dan kerja sama yang telah terjalin selama ini dalam mengembangkan konstruksi Indonesia.

“AKI telah tumbuh menjadi asosiasi yang turut berperan aktif dalam pertumbuhan jasa konstruksi di Indonesia. Dan kami harap, kami dapat terus berperan dalam merealisasikan RPJMN 2025-2045 dengan terarah dan terukur. Kami juga berharap akan petunjuk dan arahan dari Menteri PUPR agar kedepannya dapat memiliki peran yang lebih besar dan bermanfaat bagi Indonesia,” jelas Joko Sarmono.

BACA JUGA :   Progres Capai 38%, Presiden Jokowi Optimis Kantornya di IKN Bisa Digunakan Pada 17 Agustus 2024

Menteri Basuki juga berterimakasih kepada AKI yang telah berkontribusi besar dalam pembangunan infrastruktur Indonesia. “Tanpa peran AKI kita tidak bisa berbuat banyak. Dan dengan segala kelebihan dan kekurangan, tujuan kita bersama adalah hari esok harus lebih baik dari sekarang. Selamat merayakan HUT ke-50 untuk AKI. Semoga dapat tetap eksis dan semakin maju dengan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan amanah,” harap Menteri Basuki.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!