Kehadiran Bendung Kuritepe Selamatkan Petani di Musim Kemarau

Putraindonews.com – NTT | Bendung Kuritepe selamatkan petani di musim kemarau. Di tengah musim kemarau yang berkepanjangan, beberapa wilayah di NTT dihadapkan dengan krisis air yang luar biasa.

Namun, masyarakat kelurahan Wee Dabo, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, NTT ini masih beruntung karena kehadiran Bendung Kuritepe bisa selamatkan mimpi mereka dalam bertani.

Bendung Kuritepe mampu mengairi ratusan hektar lahan sawah petani sepanjang aliran kali yang bersumber dari Bendung Kuritepe.

“Masuk musim kemarau sebagian sawah tidak dikerjakan karena tidak ada air, tapi sawah yang berdekatan dengan irigasi dari Bendung tetap kerja, dan sebagian warga menggunakan mesin pompa air yang mengalir dari Bendung ini, ya sekitar ratusan hektar karena ini kali panjang sekali,” ujar Yance anak dari Bapak Nona selaku penjaga Bendung Kuritepe siang lalu saat ditemui di kediamannya yang tak jauh dari Bendung, Jumat (6/10/23)

BACA JUGA :   Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri, Tol Pekanbaru - Dumai Segera Beroperasi

Yance mengaku bahwa kehadiran Bendung Kuritepe ini menjadi berkat tersendiri bagi petani di musim kemarau.

“Kami bersyukur juga ini bendung tidak kering, jadi walaupun kemarau tapi petani yang kerja sawah dan sayur juga masih bisa gunakan ini air,” tandasnya.

Kepada Putraindonews.com Ia berharap agar kedepannya masyarakat bisa sama-sama merawat Bendung Kuritepe, dan juga menghimbau kepada masyarakat Sumba Barat agar tidak membuang sampah di aliran sungai.

BACA JUGA :   Pemanfaatan Rusunawa DKP Kab. Lombok Timur Sebagai Tempat Isolasi Pasien COVID-19

“Ada kendala juga yang kita hadapi, kadang kami harus kasih bersih sampah yang menyumbat irigasi agar air bisa mengalir lancar,” pungkasnya penuh harap. Res/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!