Chairul Anwar Apresiasi KPU Tanam 5 Juta Pohon Imbas Banyaknya Kertas yang Digunakan Surat Suara

Putraindonews.com-Sumatera Utara | Anggota Komisi II DPR RI Chairul Anwar mengapresiasi inisiatif Komisi Pemilihan Umum (KPU) berupa penyelenggaraan program penanaman bibit pohon sebagai pengganti kertas selama Pemilu 2024. Ia mendukung program ini digelar secara berkelanjutan.

“Saya mengapresiasi penanaman pohon (yang dilakukan KPU) ini. Banyak kertas surat suara yang dicetak yang tentu berasal dari pohon. Ini patut dilanjutkan (programmnya) sebagai bagian dari aksi penghijauan,” tutur Chairul dalam agenda Kunjungan Kerja Komisi II DPR ke Provinsi Sumatera Utara, Rabu (7/2/24).

Menghitung hari jelang waktu pencoblosan, ia berharap minim terjadi permasalahan selama tahapan tersebut berlangsung. “Walaupun masih ada kurang sedikit (persentase distribusi logistik pemilu) sekitar 2 persen, saya harap bisa dikejar supaya meminimalisir masalah nanti,” tandas Politisi Fraksi PKS itu.

Diketahui, program penanaman 5 juta bibit pohon ini merupakan simbol rasa syukur atas penyelenggaraan Pemilu 2024. Maka dari itu, KPU berinisiatif melakukan reboisasi.

Penanaman pohon diselenggarakan secara serentak di Indonesia dengan total penanaman bibit sebanyak 5.709.898 batang pohon, yang tersebar di 117.826 lokasi. Harapannya dari bibit pohon tersebut bisa menghasilkan 66.234 ton kertas atau sebanding dengan yang digunakan Pemilu 2024. Di mana, total kebutuhan kertas untuk logistik Pemilu 2024 sekitar 65.998 ton.Red/UR

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!