Ekspor Komoditas di Kapuas Hulu Capai Rp1,6 M Devisa untuk Negara

Putraindonews.com – Kapuas Hulu | Kepala Kantor Bea Cukai Nanga Badau Heri Purwanto menuturkan bahwa kegiatan ekspor sejumlah komoditi di Kapuas Hulu Kalimantan Barat melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau kian lancar.

Pihaknya bahkan mengatakan sejak Januari hingga 25 Mei 2023 tercatat sebesar Rp1,6 miliar devisa untuk negara.

“Kegiatan ekspor itu nantinya bisa menambah pendapatan asli daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kapuas Hulu khususnya masyarakat perbatasan,” katanya di Badau Kapuas Hulu, Jumat (26/6).

Heri menjelaskan keseluruhan total Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) sejak Januari sampai dengan 25 Mei 2023 telah dihasilkan 86 dokumen menggunakan Ceisa 4.0, dengan jumlah 31,5 ton produk pertanian dan perikanan yang menghasilkan devisa negara mencapai Rp1,6 miliar.

BACA JUGA :   Menpora Dapat Tawaran Prestisius Jadi Tuan Rumah SOWG 2027

Dari jumlah tersebut terdiri dari produk pertanian sebesar 22 ton dengan nilai devisa kurang lebih sebesar Rp831,5 juta dan untuk produk perikanan sebesar 9,2 ton dengan nilai devisa negara kurang lebih sebesar Rp831,1 juta.

Menurutnya, untuk produk pertanian yang di ekspor pelaku usaha yaitu lada hitam, lada putih, timun, waluh dan labu.

BACA JUGA :   Jadi Ketua ASEAN 2023, Ini Empat Acara Unggulan Disiapkan Indonesia

Sedangkan untuk produk perikanan diantaranya yaitu ikan seladang, ikan tapah, ikan tengalan, ikan jelawat dan ikan semah yang merupakan ikan air tawar di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dikatakan Heri, potensi sumber daya alam dan produk pelaku usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kapuas Hulu mesti terus di dorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekspor.

“Sinergisitas dan kolaborasi antar instansi dan lembaga yang kuat maka dapat menghasilkan tujuan yang baik, salah satunya tujuan ekspor ini,” katanya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!