India Terus Kepincut Jalin Kerja Sama dengan ASEAN

Putraindonews.com – Jakarta | Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar mengatakan kepincut menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada beberapa bidang yang lebih luas lagi.

Jaishankar hadir dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) di Jakarta, Selasa. India merupakan salah satu mitra dialog organisasi kawasan tersebut.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan ASEAN dan memperluas kemitraan lebih lanjut pada area-area baru, dengan tetap memperkuat kerja sama yang sudah ada, khususnya di bidang keamanan dunia maya, keuangan, dan keamanan maritim,” kata Jaishankar, Kamis (13/7).

BACA JUGA :  

Dia menambahkan bahwa ASEAN merupakan pilar penting bagi India’s Act East Policy, yang merupakan kebijakan luar negeri India untuk “bertindak ke Timur”. Adapun Timur merujuk kepada Asia Tenggara dan ASEAN.

Lebih lanjut, Jaishankar mengatakan bahwa India mendukung sentralitas ASEAN dan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (AOIP) serta upaya Indonesia untuk mengarusutamakan pandangan tersebut.

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan selaku co-chair pertemuan tersebut mengatakan bahwa kemitraan antara ASEAN dan India terus berkembang pada bidang-bidang baru.

BACA JUGA :   Bamsoet Ajak FIA Region II Kunjungi Workshop Saksikan Mobil Ikonik Karya Anak Bangsa

Dia menyebut ada beberapa kegiatan yang telah terlaksana antara kedua pihak, termasuk pertemuan para menteri pertahanan ASEAN-India dan pelatihan maritim India-ASEAN di Laut China Selatan, yang telah resmi berakhir pada Mei lalu.

“Saat ini kami sedang bekerja sama dengan India untuk mengadakan dialog siber ASEAN-India dan seminar kemitraan maritim,” ujar Balakrishnan.

“Kami juga berharap dapat menghasilkan pernyataan bersama dalam KTT ke-20 ASEAN-India tentang kerja sama maritim pada September tahun ini,” sambung dia. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!