Kunjungi Sentra Strategis, Kemenlu Promosikan Potensi Jatim ke Puluhan Calon Dubes dan Konjen RI

Putraindonews.com – Surabaya | Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengenalkan potensi Provinsi Jawa Timur (Jatim) kepada 13 calon duta besar (dubes) dan tujuh konsul jenderal (konjen) Republik Indonesia yang akan ditempatkan di berbagai penjuru dunia.

“Sebelumnya kami telah mengunjungi sentra-sentra industri strategis di wilayah Jatim. Dilanjutkan sampai 24 Mei 2023, yang dijadwalkan melihat secara langsung sejumlah sentra industri strategis Jatim di wilayah Kabupaten Gresik,” kata Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kemenlu RI Muhsin Syihab di Surabaya, Rabu (24/5).

BACA JUGA :   Konferensi Global, Dirjen UNESCO ; Lima Tahun Terakhir Sekitar 400 Jurnalis Tewas

Salah satu kegiatan para calon kepala perwakilan RI, mengunjungi Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Selasa (23/5) malam. Kedatangan mereka disambut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Ia mengungkapkan kegiatan ini rutin dilakukan Kemenlu kepada setiap calon kepala perwakilan RI sebagai program “Lintas Nusantara” agar ketika telah resmi menjabat di masing-masing negara yang ditempatkan dapat mencarikan pasar serta menarik investor asing ke dalam negeri.

BACA JUGA :   Sebagai Tuan Rumah Hutan Hujan Terluas Ketiga Dunia, Indonesia Prioritaskan Pemanfaatan Hutan Secara Lestari

“Jatim punya potensi besar dari jumlah penduduk dan komposisi demografinya. Selain itu penduduk berusia produktif di Jatim sangat tinggi,” ujarnya.

Muhsin mengatakan pekerja migran Indonesia asal Jatim juga berkontribusi besar terhadap devisa negara.

“Skala ekspor Jatim peringkat kedua nasional. Tadi Ibu Gubernur Khofifah telah memberikan banyak sekali arahan-arahan kepada para calon kepala perwakilan RI terkait segala potensi yang bisa di-‘eksplor’ (eksplorasi, red.) lebih detail,” tandasnya. Red/MTB

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!