Presiden Xinhua Gelar Pertemuan dengan Pemimpin Media Internasional

Putraindonews.com – Guangzhou | Presiden Kantor Berita Xinhua Fu Hua, yang juga menduduki posisi Executive Chairman Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Media Dunia (World Media Summit/WMS), menggelar pertemuan dengan para pimpinan media internasional di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China selatan pada Sabtu (2/12/23).

Para pemimpin media internasional, yakni Direktur Jenderal Kantor Berita Qatar (Qatar News Agency/QNA) Ahmed bin Saeed Al Rumaihi, Presiden sekaligus CEO Jiji Press Jepang Sakai Katsuhiko, Presiden Saudi Press Agency Fahd bin Hassan Al Aqran, Kepala Dewan Kantor Berita Pemerintah Azerbaijan (AZERTAC) Vugar Aliyev, Presiden sekaligus Editor Eksekutif Joongang Ilbo Korea Selatan Koh Hyun Kohn, berkunjung ke China untuk menghadiri WMS ke-5.

Dalam sambutannya kepada para pemimpin media tersebut, Fu menuturkan bahwa pertemuan ini merupakan forum media secara luring (offline) terbesar yang diadakan di China pascapandemi, dan juga sebuah acara akbar bagi media global.

Fu menyatakan kesiapan Xinhua untuk berfokus pada tema pertemuan, yaitu “Meningkatkan Kepercayaan Global, Mendorong Perkembangan Media” (Boosting Global Confidence, Promoting Media Development), bersama dengan para tamu media internasional, serta bersama-sama membahas bagaimana industri media global dapat mengatasi tantangan global maupun berkontribusi terhadap perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan dunia.

Ahmed bin Saeed Al Rumaihi mengatakan bahwa QNA menghargai kerja sama yang bersahabat dengan Xinhua serta bersedia memperluas kolaborasi mereka untuk bersama-sama memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan, sehingga dapat meningkatkan persahabatan antara masyarakat Qatar dan China.

Memuji kolaborasi jangka panjang dan produktif antara Jiji Press dan Xinhua, Sakai Katsuhiko mengatakan Jiji Press bersedia melakukan upaya-upaya lebih lanjut untuk meningkatkan sikap saling memahami antara masyarakat China dan Jepang, serta berkontribusi dalam menjaga perdamaian di Asia. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!