Ganjar Dorong Kesetaraan Hak Disabilitas

Puraindonews.com – Mataram | Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo menginginkan supaya kaum disabilitas memiliki hak yang setara dalam berbagai aspek, mulai dari penyediaan inklusivitas infrastruktur seperti ruang publik.

Ganjar mengutarakan itu ketika menemui para disabilitas Lombok di Graha Futsal, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pihaknya tak lupa juga menyapa kawan-kawan disabilitas perwakilan 38 provinsi secara daring dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2023.

Pada kesempatan itu, Ganjar menerima beberapa masukan terkait kesetaraan hak aksesibilitas kaum disabilitas, khususnya di ruang-ruang publik. Mereka merasa bahwa selama ini kebutuhan akses disabilitas acapkali terpinggirkan.

“Tadi ada yang menyampaikan ‘di sini udah pakai kursi roda, pak, tapi saya sulit untuk naik tangga, bapak tolong berikan akses’. ‘Pak saya tunanetra, tolong pak saya berikan jalan ada tandanya dan kami tahu’,” kata Ganjar Pranowo,” Minggu (3/12/23).

Banyak ruang-ruang publik yang ada dinilai kurang ramah terhadap penyandang disabilitas.

Untuk itu, Ganjar berkomitmen mendorong penyediaan inklusivitas infrastruktur seperti ruang publik dan kantor-kantor pemerintahan yang ramah bagi penggunanya, termasuk disabilitas pada masa pemerintahannya mendatang.

Ganjar Pranowo ingin kaum disabilitas mempunyai kesetaraan dalam segala aspek: mulai dari pendidikan, akses ruang publik, hingga ekonomi sehingga penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul.

Salah satu upaya untuk mendorong hal tersebut ialah melibatkan partisipasi masyarakat disabilitas dalam pembangunan infrastruktur akses publik. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!