Stop Batu Bara, Joe Biden Janjikan 311 Triliun Untuk Indonesia ‘Percepat Transisi Energi Dunia’

***

Putraindonews.com – Jalarta | Bercicara di forun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (15/11/2022), Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan menjanjikan akan memberikan bantuan senilai Rp 311 triliun untuk mempercepat pelaksanaan transisi energi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Biden dalam rangka memintah pemerintah Indonesia untuk menyetop Batu Bara.

Biden mengatakan, komitmen US$ 20 miliar ini dalam rangka mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan mendukung percepatan transisi energi melalui penghentian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara.

“Kami dengan Indonesia dan Jepang bersama-sama menciptakan Just Energy Transition Partnership (JETP) untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE),” ungkap Biden.

Menurut Biden, pemberian bantuan dana tersebut bersama memobilisasi US$ 20 miliar dalam pengembangan EBT dan mendukung transisi energi untuk menjauhi batu bara.

“US$ 20 miliar ambisi institusi keuangan untuk transisi energi yang bisa dirasakan dampaknya untuk dunia,” imbuhnya.

Di samping itu, Biden juga menjelaskan bahwa agenda tersebut juga bisa digunakan untuk mendorong proyek berbasis energi terbarukan seperti mendukung pengembangan kendaraan listrik dan teknologi.

“Ini juga bisa menciptakan lapangan kerja dan bisa berkontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim global,” pungkasnya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!