Alami Gangguan Mesin, Kapal Layar Australia Dievakuasi Bakamla RI

Putraindonews.com – Natuna | Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) sedang mengevakuasi kapal layar asal Australia bersama awak kapalnya. Kapal tersebut diduga mengalami gangguan mesin di Perairan Natuna Utara.

Dalam keterangan tertulis Humas Bakamla RI Kapten Yuhanes yang diterima di Bintan, Selasa (31/10/23) menjelaskan, kapal tersebut diselamatkan oleh unsur KN Tanjung Datu-301 yang di komandani oleh Kolonel Bakamla Rudi Endratmoko.

Dalam keterangan itu diungkapkan, pertolongan itu dilakukan usai unsur KN Tanjung Datu-301 menerima isyarat permintaan pertolongan dari ABK Sailing Catalpa dengan lambung Sailing Catalpa pada pukul 05.38 WIB, saat melaksanakan patroli laut.

BACA JUGA :   Pascagempa Mentawai, 8.137 Jiwa Masih Mengungsi di Wilayahnya

Kapal Sailing Catalpa menghubungi KN Tanjung Datu-301 melalui radio, mereka menginformasikan bahwa tengah mengalami gangguan mesin dan persediaan makanan serta minuman yang telah habis pada titik koordinat 00° 58.9380’ S dan 106° 08.2050’ E.

Mendapat informasi itu KN. Tanjung Datu-301 yang berada dekat dengan titik kejadian, bergerak mendekati lokasi target guna memberikan pertolongan.

BACA JUGA :   Kinerja Kejaksaan Kepemimpinan Burhanuddin  Mendapat Apresiasi Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia

Setelah tiba di lokasi pada pukul 06.10 WIB, tim visit board and search and seizure (VBSS) KN. Tanjung Datu-301 melakukan pemeriksaan terhadap Sailing Catalpa.

Usai diperiksa, kapal Sailing Catalpa berbendera Australia dengan panjang 13,42 meter itu diketahui berangkat dari Benoa, Bali, dengan tujuan akhir Selangor, Malaysia. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!