Bakti Kominfo Gelar Pendampingan UMKM Go Digital di Sumba Barat

Putraindonews.com – NTT | BAKTI Kominfo bekerjasama dengan Diskoperindag Kabupaten Sumba Barat laksanakan program Pendampingan UMKM Go Digital dengan Adopsi Teknologi Digital melalui Aplikasi Chat Commerce (WhatsApp Business) kepada 50 Pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumba Barat.

Kegiatan Pendampingan ini dibuka oleh Kadis Perindag Kabupaten Sumba Barat Victor Umbu Sulung yang digelar di Hotel Karanu pada Senin (6/11/23).

Dalam sambutannya, Kadis Victor menyampaikan bahwa UMKM di Indonesia memiliki peran yang sangat penting untuk perekonomian pasca pandemic terjadi suatu perubahan perilaku konsumsi barang dan jasa dari offline dan online.

BACA JUGA :   Gempa M5.6 Guncang Cianjur, 62 Orang Meninggal Dunia '2.272 Rumah Rusak & 5.389 Orang Ngungsi'

Menurutnya, kondisi ini mengharuskan pelaku UMKM dapat memaksimalkan manfaat dari perkembangan teknologi untuk menjual dan mempromosikan produk yang dimiliki secara online demi kelancaran usaha.

Namun pada kenyataannya terdapat kendala Masi rendahnya kualitas SDM tentang Digitalisasi, kurangnya pengetahuan usaha secara online hingga bagaimana memasarkan melalui platform digital dan kesiapan tenaga ahli yang belum maksimal.

“Untuk itu perlu adanya dukungan pemerintah Dan semua pihak yang terkait sehingga dapat membuat pelaku UMKM mampu memanfaatkan media digital dan memasarkan produk agar dapat meningkatkan daya saing dan perekonomian melalui pelatihan atau pendampingan maupun praktek langsung menggunakan teknologi digital,” tandas Kadis Victor.

BACA JUGA :   Target Pengerjaan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Rampung Agustus 2024

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini semua pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pemasaran produk secara berkelanjutan sehingga menjadi suatu produk unggulan yang dapat dipasarkan secara online dipasaran nasional maupun internasional. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!