Bupati Lebak Nilai Jalan Tol Serang-Panimbang Percepat Kawasan Industri Banten Selatan

Putraindonews.com – Lebak | Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan bahwa keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang dapat mempercepat tumbuhnya kawasan industri di wilayah Banten Selatan.

“Kami optimistis kawasan industri nantinya bisa menyerap ribuan tenaga kerja lokal,” kata Iti Octavia, di Lebak, Banten, Minggu (30/7).

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang untuk tahap I Rangkasbitung-Serang sepanjang 26,5 kilometer sudah beroperasi tahun 2021 dan diresmikan Presiden Joko Widodo.

Sedangkan, tahap II dan III Rangkasbitung-Panimbang tengah dikerjakan dan ditargetkan rampung 2024.

BACA JUGA :   Selamatkan Aset Pemprov Senilai Rp 2.795.525.550.000, Jaksa Agung Apresiasi Kejati Kalimantan Barat

Keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 kilometer ini dipastikan dapat mempercepat tumbuhnya kawasan sektor industri di wilayah Banten Selatan.

Di wilayah Banten Selatan terdapat beberapa kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang dan hingga kini masih tertinggal jauh dibandingkan Serang, Cilegon, dan Tangerang, katanya.

Menurut dia, pembangunan jalan tol itu dipastikan akan menjadi kawasan industri dan ekonomi baru, karena terkoneksi dengan Tol Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Depok, dan Bandung.

BACA JUGA :   Bamsoet Apresiasi Pemberlakuan Plat Nomor Polisi Khusus Kendaraan Bermotor Listrik

Pemerintah daerah menyediakan lahan untuk kawasan sektor industri seluas 3.000 hektare di Kecamatan Cileles sebagai pintu gerbang Banten Selatan.

“Kami berharap kawasan industri itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” katanya pula.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Lebak Yosep Muhammad Holis mengatakan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang memberikan efek berganda (multiplier effect) luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah Banten Selatan. Red/RZ

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!