Cek Fakta! Beredar Video Terkait Banjir di Gresik Selatan

***

Putraindonews.com – Jakarta | Belakangan beredar video yang memperlihatkan sejumlah kendaraan sedang terseret banjir.

Tayangan video pendek itupun beredar di media sosial hingga grup WhatsApp. Dalam video tersebut muncul narasi tanggul Kali Brantas jebol, Gresik selatan terendam.

Video tersebut seketika ramai diperbincangkan dan beredar cukup masif dan cepat dari satu tangan ke tangan lainnya.

Perhatian warga semakin tinggi terkait video tersebut lantaran di waktu bersamaan Kali Lamong, Jawa Timur juga sedang meluap sejak Senin (20/2).

BACA JUGA :   DP3A Kota Makassar Tandatangan MoU Tentang SRA dengan 15 SD

Luapan kali menyasar banyak desa di wilayah Gresik selatan. Hingga hari ini, genangan air tak juga kunjung surut. Malah, di beberapa lokasi, genangan meninggi.

Arus lalu lintas pun crowded. Salah satu di antaranya di Boboh, Kecamatan Menganti. Sejumlah rumah penduduk terendam lebih dari satu meter.

Menanggapi video yang sedang beredar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Darmawan mengatakan informasi yang menyebutkan bahwa banjir dalam video tersebut terjadi di Gresik tidaklah benar.

BACA JUGA :   Protokol Tidak Boleh Kaku, Harus Mampu Berinovasi

‘’Tidak benar. Hoaks. Itu kejadiannya bukan di wilayah Gresik, melainkan di tempat lain. Kami sudah menelusurinya,’’ kata Darmawan, Rabu (23/2) siang.

“Sudah kami cek, sudah kami telusuri, pintu tol yang sesuai dalam video tersebut tidak kami temukan,” katanya lagi.

Diketahui, dalam video tersebut menampilkan peristiwa banjir hingga mampu menghanyutkan mobil-mobil yang mengantri masuk tol disertai caption “tanggul Brantas jebol daerah Driyorejo dan Menganti terimbas banjir”. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!