Delapan Rumah Rusak, Angin Kencang Terjang Tiga Desa di Kabupaten Tana Tidung Kaltara

***

Putraindonews.com – Jakarta |  Angin kencang melanda tiga desa di Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, pada Selasa (12/4), pukul 21.30 waktu setempat atau WITA. Sejumlah rumah rusak dengan kategori ringan hingga berat. BPBD telah melakukan upaya penanganan merespons peristiwa yang menimpa warganya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tana Tidung menginformasikan selain kerusakan rumah, ada satu warganya yang mengalami luka ringan.

Di samping itu, sebanyak 8 KK terdampak insiden yang menyertai hujan lebat pada malam hari tersebut. Tidak ada laporan warga yang mengungsi akibat angin kencang ini.

BACA JUGA :   Halalbihalal KB Sriwijaya Sumut, Hassanudin Ajak Sumbangkan Pemikiran Membangun Sumatera Utara

Sementara itu, kerugian material mencakup rumah warga rusak berat 1 unit dan rusak ringan 7 unit. Sedangkan kerusakan ringan di luar tempat tinggal, BPBD mencatat tempat usaha 14 unit, fasilitas ibadah 2 unit dan fasilitas Pendidikan 1 unit.

Wilayah terdampak yaitu di tiga desa yang semuanya berada di Kecamatan Tanah Lia, yaitu Desa Tana Merah, Desa Sambungan dan Desa Sambungan Selatan.

Setelah angin kencang usai, petugas BPBD Kabupaten Tanah Tidung segera menuju lokasi terdampak untuk membantu warga yang rumahnya rusak.

BACA JUGA :   Aktualiasi Musi Bergerak 2018, Rutan Basmikan BB Hasil Razia WBR

Pihaknya berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa untuk melakukan pendataan bangunan maupun warga terdampak.

Warga diharapkan tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi angin kencang yang menyertai hujan dengan intensitas tinggi. Prakiraan cuaca pada esok hari (14/4) di wilayah Tanah Lia masih berpotensi hujan ringan-hujan petir.

Mengantisipasi bahaya angin kencang, warga dapat memangkas ranting pohon yang ada di sekitar rumah. Selain itu, pengecekan kekuatan atap dapat dilakukan sehingga tidak mudah terhempas oleh angin. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!