Dorong Partisipasi Pemilih, Pemkot Semaranf Gelar Lomba TPS Unik

Putraindonews.com – Dalam upaya mendorong partisipasi pemilih pada Pemilu 2024, Pemerintah Kota Semarang menggelar lomba tempat pemungutan suara (TPS) unik.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyebutkan bahwa masing-masing TPS akan dinilai sesuai dengan kreativitas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“Ada lombanya. Bisa TPS terbaik atau TPS terunik, agar partisipasinya banyak, dapat apresiasi,” kata Ita, sapaan akrab Hevearita, Minggu (11/2/24).

Menurut dia, lomba tersebut juga sejalan dengan arahan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bahwa masyarakat harus menggunakan hak suara atau hak pilihnya pada pemilu.

Dalam arahan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai angka 80 persen.

“Kalau pemilihan presiden di Kota Semarang pada 2019 bisa sampai 70 persen lebih, hampir mendekati angka 80 persen,” katanya.

Melihat pengalaman pemilu sebelumnya, ia optimistis harapan pemerintah mengenai tingkat partisipasi pemilih bisa tercapai pada pemilu tahun ini.

Ia mengatakan kreativitas sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar berbondong-bondong ke bilik suara, misalnya mendesain TPS dengan konsep yang unik. Red/ST

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!