Dorong UMKM Lokal, Diskoperindag Sumba Barat Gelar Kegiatan Promosi

Putraindonews.com – NTT | Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) laksanakan kegiatan promosi, pemasaran dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri tahun anggaran 2023 bertajuk “Bangga Menggunakan Produk Lokal” di Stadion Manda Elu pada tanggal 16-18 November 2023.

Hal ini dilakukan karena perdagangan internasional/luar negeri merupakan salah satu faktor yang cukup mendukung pertumbuhan ekonomi, namun sayangnya ada beberapa dampak yang muncul akibat mudahnya arus barang antar negara yakni semakin ramainya pasar Indonesia akan produk dalam negeri sehingga produk lokal kalah bersaing dengan produk luar.

Kadis Koperindag Kabupaten Sumba Barat, Victor Umbu Sulung dalam sambutannya menyampaikan bahwa data Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumba Barat, terdapat 30 UMKM yang memiliki potensi pengembangan pasar yang lebih besar, baik untuk dipasarkan di dalam negeri maupun luar negeri.

BACA JUGA :   Ketua KPK Firli Bahuri ; Peran Strategis RRI Dalam Mewujudkan Gerakkan Rakyat Anti Korupsi

Menurut Kadis Victor, diperlukan kejelian dalam melihat peluang dan potensi yang ada, baik peluang di pasar nasional maupun internasional.

“Kabupaten Sumba Barat memiliki sumber daya yang melimpah baik bahan baku dan sumber daya manusia untuk bisa melahirkan produk UMKM yang berdaya saing,” tandasnya dengan tegas.

Lanjut Kadis Victor, hanya dengan menggalakkan penggunaan produk lokal, maka ekonomi masyarakat di kabupaten Sumba Barat semakin meningkat.

BACA JUGA :   MASYARAKAT MULAI MANFAATKAN SLIK OJK

“Diperlukan upaya promosi dan pemasaran pelaku usaha dan produk unggulan hasil UMKM Kabupaten Sumba Barat yang intensif dan masif yang memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan akses pasar sebagai langkah strategis kabupaten Sumba Barat dalam mewujudkan peran sertanya untuk menciptakan peningkatan promosi dan daya saing produk lokal,” terangnya.

“Pameran produk lokal merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan dan memasarkan produk UMKM yang tentunya harus didukung dengan penataan stand tempat menggelar produknya dengan baik sehingga mampu menarik hubungan yang lebih dekat dengan pengunjung,” pungkasnya. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!