Ali Wongso : SOKSI Dorong Kebangkitan Kemandirian Pedagang Pasar Tradisional/UMKM

***

Putraindonews.com – Jakarta | Gerak laju kesejahteraan pedagang pasar tradisional/UMKM harus didorong dan dipercepat. Untuk itu SOKSI dan Koperasi Jasa Tunas Insan Madani (JTIM) telah membangun sinergitas yang simbiosis mutualistis dengan para pedagang tradisional.

Kuatnya tekad tersebut terlihat pada acara Penyerahan Simbolis Kartu Anggota SOKSI kepada 2000 Pedagang Tradisional/UMKM anggota Koperasi JTIM di Jakarta 03/06/’22.

Ketua Umum SOKSI, Ali Wongso mengatakan bahwa lambannya gerak laju kesejahteraan pedagang tradisional dan UMKM disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari diri pedagang tersebut maupun hal-hal dari luar dirinya. Menyangkut hal-hal dirinya terjadi karena mereka biasanya bekerja sendiri, melakukan bisnis ‘as usual’ dan semata untuk kepentingan dirinya sendiri. “Saatnya para pedagang untuk merubah ‘mind-set’ dari manusia pekerja menjadi manusia berkarya” lanjut Ali Wongso.

BACA JUGA :   Usaha Jamu Ibu Nurmin Meningkat Berkali Lipat, Sandiaga Uno ; Bukti Nyata Pengembangan Desa Wisata

Dengan menjadi manusia karya berarti tidak lagi sekedar memikirkan untuk hidup tetapi untuk kepentingan yang lebih luas, yaitu kehidupan. Tidak sekedar untuk dirinya sendiri, tetapi sudah memikirkan kepentingan lingkungan dan sesamanya, lanjut mantan ketua DPP Partai Golkar bidang Naker itu.

“Bapak-ibu tentu ingin taraf hidupnya meningkat. Pedagang ayam potong tentu bermimpi suatu saat bisa menjadi peternak ayam,” kata Ali Wongso yang langsung diiyakan oleh para pedagang.

Menyangkut hal-hal di luar diri para pedagang, seperti peningkatan permodalan, percepatan distribusi dan penggunaan IT, SOKSI dan Koperasi JTIM akan bersinergi memikirkan pengadaannya. “Salah satu hal yang sering dibutuhkan oleh pedagang adalah pendampingan penasehat hukum. Untuk itu lembaga bantuan hukum (LKBH) SOKSI di bawah komando saudara Niel Sadek, SH siap senantiasa bila diperlukan,” pungkas Ali Wongso.

BACA JUGA :   Apindo Ngotot Minta Penetapan UMSK Dapat Dilakukan Secara Bipartit di Tingkat Kabupaten/Kota Se-Banten

Sementara itu, Ketua Koperasi Jasa Tunas Insan Madani, Deddy Kusnadi mengatakan bahwa ke depan para pedagang sudah harus memikirkan kehadiran market place sebagai suatu keniscayaan.

Deddy melanjutkan bahwa selain di DKI, saat ini koperasi Jasa Tunas Insan Madani juga sudah berkembang di daerah Serang, Banten dan Pandeglang. Ke depan akan berkembang ke wilayah Barat, seperti Aceh dan wilayah Timur, ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, lanjutnya.

Penyerahan simbolis Kartu Anggota SOKSI, dilanjutkan dengan pengenaan baju SOKSI dan bersantap bersama. Selain puluhan perwakilan Pedagang Pasar Tradisional, hadir pula Waketum Depinas SOKSI; Valentino Barus, Victor Nadapdap, Ketua Depidar SOKSI DKI Eddy Rudianto beserta jajarannya. Red/valen.

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!