Dikuti 50 Peserta, Disperindag Sumbar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Muda di Sawahlunto

***

Putraindonews.com – Sawahlunto | Hadirkan Motivator Nasional, Dinas Perindag Sumbar Gelar Pelatihan di Sawahlunto

Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat menggelar Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru di kota Sawahlunto, 2 – 5 Agustus 2022 bertempat di aula Hotel Khaz Ombilin Heritage.

Menurut panitia kegiatan, pelatihan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai bidang usaha, seperti usaha kuliner, peternakan, pertanian dan beberapa usaha lainnya.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan motivasi pemuda, terjun ke dunia wirausaha serta mengembangkan kemampuan serta mewujudkan pelaku ekonomi kreatif, sehingga kedepan mudah untuk memasarkan produknya.

Memasuki hari ke dua pelatihan tersebut, Disperindag Sumbar menghadirkan narasumber Dedi Vitra Johor, yang merupakan pengusaha sukses sekaligus motivator bisnis.

Menurut Dedi, kehadirannya sebagai narasumber adalah untuk membangkitkan dan mendorong tumbuh kembangnya wirausaha baru di kota Sawahlunto serta membuka mindset para usahawan pemula sehingga dapat memahami.

BACA JUGA :   Dilema Pelaku UMKM, Ditengah Pandemi COVID-19

“Salahsatu kendala di dunia usaha adalah ada di mindset atau cara berfikir, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dalam menjalankan usahanya,” terang pengusaha property ini.

Selama ini, lanjut Dedi, kita tau bahwa pelaku usaha mengalami kegagalan bukan karena tidak memiliki cukup modal atau produknya tidak bagus, akan tetapi lebih kepada mindset saat mengalami kegagalan. Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini, kedepan peserta diharapkan mampu bangkit jika mengalami kegagalan.

” Nah, ini menjadi tugas saya untuk bagaimana mendorong mereka para pelaku usaha pemula menjadi champion-champion lokal yang memiliki ilmu, cara dan strategi menjadi pelaku usaha,” paparnya

Dalam menjalankan bisnis, sebut Dedi, kegagalan itu hal yang biasa. Tetapi yang menjadi tidak biasa adalah ketika mengalami kegagalan tidak pernah bangkit lagi.

“Naah, paradigma berpikir seperti ini yang harus kita rubah. Kmudian kita akan membantu untuk mengetahui produk produk apa yamg cocok dengan talent mereka. Selain itu juga terkait bakat dan minat mereka. Sebab, bakat dan minat mereka itu sangat menentukan keberhasilan dalam melakoni usaha,” imbuhnya.

BACA JUGA :   Pertahankan Opini WTP, PUPR Gelar Entry Meeting Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan

Sementara itu, Anton, salah seorang peserta pelatihan yang sehari harinya melakoni usaha peternakan unggas mengaku senang bisa mengikuti pelatihan tersebut.

Menurut Anton, pelatihan ini sangat berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam.menjalankan usahanya.

“Alhamdulillah saya bersyukur dapat diikutsertakan dalam pelatihan ini, yang dapat menambah ilmu untuk.menjalankan roda usaha,” sebutnya.

Selain itu, imbuh Anton, dalam penyampaian materinya, pak Dedi juga asik. Gampang dimengerti dan tidak membosankan.

“Kita tetap semangat, dan pematerinya tidak bikin ngantuk,” pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan sejumlah peserta pelatihan lainnya, seperti Ayu, Dice dan Heru. Red/AP

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!