Giat 1 Tahun Media Online Nagapos.id, Dapat Banyak Dukungan dan Harapan

Putraindonews.com – Medan | Media online Nagaspos.id kembali memeriahkan acara hari ulang tahun media yang ke-1 tahun.

Kegiatan tersebut juga diselingi dengan pelatihan Jurnalistik bertema “Cerdas Menulis Hasilkan Karya Terbaik” yang digelar di D’ Givi Oke Kupi, jalan Sei Asahan No.33 Medan, Minggu (18/6).

Dalam sambutannya, Pimpinan Umum Punosekawan.com Adhie Surya Pratama mengucapkan selamat ulang kepada media Nagapos.id.

“Semoga menjadi media online yang dapat memberikan berita kepada publik dengan akurat dan membuka wawasan tentang kondisi terkini,” kata Adhie.

Sementara, Wakil ketua bidang pendidikan dari Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara (PWI Sumut) Sugiatmo, yang hadir sebagai pemateri, mengatakan agar bisa bersaing dengan berita lainnya dengan topik yang sama, wartawan media online harus memastikan berita-berita yang di-posting memenuhi 4 aspek.

BACA JUGA :   UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL DI KOREM 061/SK

“Pertama, scanability (mudah dipahami), readability (mudah dibaca), visibility (mudah dilihat), dan findability (mudah ditemukan di mesin pencarian, khususnya Google),” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam menulis berita di website harus memenuhi tips versi Thought seperti Singkat, Multiple pages, Fokus pada SEO, menggunakan piramida terbalik, kata kunci, subjudul, dan hyperlink dengan bijak.

Selanjutnya, Bartlomeus selaku Sekjen IMO Sumut mengatakan wartawan perlu juga meningkatkan pengetahuan bukan saja dalam penulisan, tetapi mengikuti perkembangan teknologi khususnya pada aplikasi pengunggah berita online itu sendiri seperti wordpress.com, blogspot.com, dsb.

“Karena selain kemampuan dalam membuat keyword (kata kunci) sebuah artikel. Wartawan juga harus memahami bagiamana menghubungkan kata kunci yang sama dengan artikel sebelumnya. Karena masih banyak lagi teknik harus dipelajari sendiri (otodidak)dalam mempercepat sebuah artikel diindeks oleh google,” ujar Bartlomeus.

BACA JUGA :   Era Teknologi Industri 4.0, Moeldoko : Pertanian Indonesia Harus Cerdas dan Berbasis Digital

Acara inipun berlangsung dengan baik dan lancar, ada sebagian peserta seminar yang antusias dengan menanyakan beberapa pertanyaan kepada pemateri lalu dijawab dengan antusias oleh sang pemateri.

Dalam acara ini dihadiri oleh rekan-rekan Wartawan Online dihadiri oleh 25 peserta pelatihan, Turut hadir dalam acara ini H. M. Nuh, Anggota DPD RI sebagai Motivator, Donald Sinaga Pimpinan Umum Nagapos.id, Selamat Purba Pimpinan Redaksi Nagapos.id dan Seluruh Jajaran pengurus dan wartawan Nagapos.id, Bartlomeus Sihotang, ST Sekretaris umum Ikatan Media Online Sumatera Utara (IMO Sumut), dan rekan-rekan wartawan media online lainnya. Red/JH

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!