Kelompok Tani di Kabupaten Pemalang Terima Bantuan Alsintan

Putraindonews.com – Pemalang | Sebanyak 63 alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Penyerahan alsintan itu secara simbolis oleh Plt Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, S.T., Selasa (5/9) di Aula Kantor Dinas Pertanian Setempat.

Adapun rincian bantuan alsintan tersebut yakni Pompa Air sejumlah 30 unit, kemudian Cultivator (Traktor Kecil) sebanyak 14 unit, Corn Sheller (Pemilipil Jagung Roda 2) sebanyak 7 unit, Corn Sheller Mobile (Pemipil Jagung Roda Tiga) sebanyak 8 unit, dan Appo Mobile (Alat Pencacah Pupuk Organik Roda 3) sebanyak 4 unit.

Dengan bantuan alsintan, Plt Bupati Pemalang berharap produktivitas pertanian bisa meningkat dan biaya operasionalnya menurun sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

BACA JUGA :   Terowongan Nanjung Akan Kurangi Luas Kawasan Banjir di Cekungan Bandung

Mansur juga menekankan pentingnya pemeliharaan alsintan. Ia berpendapat bahwa penting bagi para petani untuk mempelajari cara merawat dan mengoperasikan alat tersebut agar alat tersebut dapat bertahan lama.

“Saya harapkan agar para petani diajari terlebih dahulu cara merawat dan mengoperasikan alat tersebut. Jangan hanya diserahkan saja, karena dengan perawatan yang baik, alat-alat tersebut akan memiliki umur yang lebih panjang,” ucap Mansur.

Selain tentang alsintan, Ia juga menyarankan agar mereka (kelompok tani) bisa menggunakan biosaka atau pupuk organik. Karena, menurut Mansur bahwa kita harus berinovasi, jangan ketergantungan dengan pupuk kimia.

BACA JUGA :   SEMAKIN BAIK, Tingkat Kesembuhan Covid-19 Warga Kota Sorong Papua Naik 88,17 Persen

“ada beberapa manfaat terkait penggunaan pupuk organik, selain karena biaya lebih murah dan tanah sehat, semua bahanya juga ada di sekitar,” kata Mansur.

Dalam acara tersebut, Mansur juga menandatangani prasasti proyek jalan usaha tani (JUT) di Dusun Pesalakan Desa Pegongsoran, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang.

Perlu diketahui bersama bahwa bantuan alat mesin pertanian Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pemalang itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pertanian Tahun Anggaran 2023. Red/ST

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!