Kemendikbudristek Ungkap Program PPG Prajabatan Siapkan Guru Profesional

Putraindonews.com – Jakarta | Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), mengungkapkan bahwa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan merupakan upaya pemerintah untuk menyiapkan generasi baru guru Indonesia menjadi guru profesional.

“Guru profesional yang akan dihasilkan oleh PPG Prajabatan adalah guru yang menjadi teladan dalam menjalankan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan mengembangkan lingkungan belajar untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (8/10/23).

BACA JUGA :   Perkuat Disiplin Protool Kesehatan Menjelang PON XX, BNPB Laksanakan Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat di Papua

Ia mengatakan Kurikulum PPG Prajabatan difokuskan pada pengembangan kompetensi calon guru untuk menghadapi tantangan abad ke-21 yang berfokus kepada bagaimana konten diajarkan secara efektif dalam berbagai konteks keragaman siswa dan calon guru dilatih untuk memiliki kebiasaan refleksi diri.

Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang menjadi bagian dari proses pembelajaran, lanjut dia, dilakukan sejak awal semester dan terkait dengan mata kuliah yang ditempuh pada semester yang berjalan.

BACA JUGA :   Pemindahan Ibu Kota Negara, MIPI ; Solusi Tepat Bagi Pemerataan Ekonomi

Selain itu, kata dia, PPG Prajabatan juga melibatkan guru penggerak dan praktisi pendidikan dalam proses pelaksanaan pendidikan. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!