Kurangi Risiko Longsor di Natuna, BNPB Akan Pindahkan 100 KK

***

Putraindonews.com – Riau | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto rencana akan memindahkan 100 kepala keluarga (KK) untuk mengurangi risiko longsor di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

“Akan memindahkan 100 kepala keluarga di tempat yang baru,” kata kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis (9/3).

Menurut Suharyanto, Pemerintah Kabupaten Natuna telah menyiapkan lahan yang akan menjadi lokasi relokasi. Tentunya, pihak BNPB akan melakukan koordinasi dengan beberapa kementerian dan lembaga seperti PUPR terkait pembangunannya.

BACA JUGA :   Thai Lion Air Hadirkan Diskon 10% Semua Tujuan

“Tanahnya sudah ada. Kami sedang proses koordinasi dengan Kementerian PUPR,” ujar Suharyanto.

Pihaknya juga memastikan bahwa proses pembangunan rumah relokasi warga terdampak tanah longsor Natuna akan dikerjakan sepenuhnya oleh Kementerian PUPR dengan pembiayaan dari BNPB.

Dikatakan, program relokasi ini akan dilakukan setelah memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Biasanya kalau terjadi bencana di tempat lain, untuk relokasi yang membangun rumah ini dilakukan PUPR, tentu saja bekerja sama dengan BNPB terkait penganggaran,” papar Suharyanto.

BACA JUGA :   Rp2,3 Miliar Dana Baznas Untuk Santri Tak Mudik

Adapun relokasi tersebut dilakukan setelah lebih dari 27 rumah lenyap bak “ditelan” tanah longsor di Kampung Genteng, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna pada Senin (6/3). Tanah longsor itu menyebabkan 35 orang hilang, 15 meninggal dunia dan sebanyak 1.300 jiwa mengungsi. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!