Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) “Minaula” Di Kendari Gelar Bimbingan Teknik Penguatan Keluarga Dan Masyarakat Pengembangan Model Perawatan Sosial Lanjut Usia

PUTRAINDONEWS.COM

Kendari | Selasa 18 juni 2019. Sejumlah petugas dari Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) “Minaula” Kendari disebar ke 5 (lima) Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) yang berada di kabupaten/kota wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah melakukan bimbingan teknis bagi para pendamping dan keluarga lanjut usia (lansia) agar mereka dapat melayani dan meningkatkan kualitas hidup lansia. Ke 5 (lima) LKS LU tersebut tersebar di Kota Kendari (2), Kabupaten Konawe (1), Kabupaten Muna (1), dan Kabupaten Bombana (1).

Peserta kegiatan bimbingan teknis di setiap LKS LU berjumlah 25 orang yang terdiri dari: 5 orang pendamping LKS LU, 10 keluarga Lansia Binaan LKS LU, dan 10 orang tokoh masyarakat sekitar. Hal itu dilakukan agar mereka paham bagaimana cara mendampingi, merawat dan memperlakukan lansia dengan baik, sehingga nantinya tercipta kualitas hidup lansia yang baik di tengah-tengah masyarakat.

BACA JUGA :   Kodim 1509/Labuha Laksanakan TMMD 98, 112 Anak Ikut Sunatan Masal

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini terdiri dari pemahaman seputar ruang lingkup lansia, peran keluarga, masyarakat, dan pemerintah, lembaga rujukan, pemahaman tindak kekerasan lansia, dan perawatan dasar lansia di rumah yang disertai dengan praktek. Selain itu peserta diberi kesempatan untuk tanya jawab agar suasana kegiatan lebih interaktif dan menarik.

Salah satu anggota masyarakat di Kabupaten Bombana yang juga sudah lansia, H. Abu Bakar, mengungkapkan perasaannya dengan sedikit emosional dan cukup panjang, bahwa dia sangat bersyukur dan berterima kasih karena kegiatan tersebut diselenggarakan di lokasi yang sangat dekat dengan tempat tinggalnya sehingga dia bisa ikut mendengar, melihat dan merasakan manfaat materi-materi yang diberikan dari petugas Kementerian Sosial RI. “Saya sangat berterima kasih sekali karena kegiatan dilaksanakan di sini, dekat dengan tempat tinggal saya sehingga saya bisa mengikuti materi-materi yang dijelaskan oleh pegawai Kementerian Sosial. Saya bersyukur dan berterima kasih”, imbuhnya yang diiringi dengan anggukan setuju dari peserta lainnya.
Pertemuan tersebut juga dihadiri unsur pemerintahan desa, yakni sekretaris desa dan kepala dusun dari Desa Lora dan Desa Pulau Tambako.

BACA JUGA :   Ridho Yahya Siap 100 % Mendukung dan Mewujudkan Pendirian BLK UPTP di Kota Prabumulih

Kepala LRSLU “Minaula” Kendari, Syamsuddin, mengatakan, “kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah, khususnya LRSLU “Minaula” Kendari yang berada di bawah Kementerian Sosial. LRSLU “Minaula” Kendari berperan dalam mengembangkan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LJS LU) yang ada di masyarakat. Kegiatan Bimtek ini merupakan bagian dari bentuk pengembangan LKS LU tersebut, dan kedepannya akan lebih banyak lagi program-program penanganan permasalahan lansia dengan intervensi berbasis organisasi Lokal (Local Organization Base Intervention/LOBI)”, imbuhnya.(**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!