LOMBA PHBS TINGKAT NASIONAL 2019

 

PUTRAINDONEWS.COM

PRABUMULIH – SUMSEL | Sabtu 6 April 2019. Kegiatan Lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS -red ) Tingkat Nasional yang pembukaannya berlangsung hari jumat 5/04/19 di Gedung House Rumah Dinas Walikota Prabumulih itu dihadiri oleh seluruh unsur Muspuda Kota Prabumulih, acara dimulai dengan pemaparan materi yang langsung disampaikan oleh Walikota . Ir. H. Ridho Yahya

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan beberapa hasil pencapaian yang telah di raih oleh Kota Prabumulih yang mendukung kegiatan PHBS terlaksana dengan baik di Kota Prabumulih, kemudian dilanjutkan oleh Ketua PKK Kelurahan Gunung Ibul.

BACA JUGA :   BRIN Gencarkan Aksi Penyelamatan Biodiversitas Indonesia

Tim penilai dari kemenkes RI Theresia irawati,S.km, M.Kes dan TP PKK Pusat Dr. Rien Yuniantari selaku tim Juri Lomba Kegiatan PHBS tampak terpukau dengan apa yang disampaikan oleh Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penilaian PHBS tingkat nasional di kelurahan gunung ibul kecamatan prabumulih timur kota Prabumulih Sumatera Selatan. Salah satu tatanan PHBS yang utama adalah PHBS rumah tangga yang bertujuan memberdayakan anggota sebuah rumah tangga untuk tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yang bersih dan sehat serta memiliki peran yang aktif pada gerakan di tingkat masyarakat. Tujuan utama dari tatanan PHBS di tingkat rumah tangga adalah tercapainya rumah tangga yang sehat.

BACA JUGA :   DUKUNG SANTRI BELAJAR di Masa Pandemi, PEPC Bagikan Vitamin & Sanitasi Kit

Adapun Penilaian dan verifikasi lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Nasional tersebut meliputi sepuluh indikator.

Seperti persalinan ditolong tenaga kesehatan, Memberi bayi ASI ekslusif, Menimbang balita setiap bulan, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan, menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik nyamuk, Menkonsumsi buah dan sayur, Melakukan aktivitas fisik, Serta tidak merokok didalam rumah.

Sumber : Diskominfo Prabumulih.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!