Mahasiswa UI Dampingi 15 UMKM di Jabodetabek

Putraindonews.com – Depok | Mahasiswa Vokasi Program Studi (Prodi) Akuntansi Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) tengah melakukan pendampingan terhadap 15 usaha mkro, kecil, menengah (UMKM) di Jabodetabek untuk membuat laporan keuangan dengan aplikasi Accurate.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Padang Wicaksono mengatakan bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk berkembang dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

“Saya berharap agar pendampingan UMKM tersebut dapat memberikan manfaat, baik bagi UMKM maupun mahasiswa. Di samping itu, Vokasi UI terus berupaya untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, baik dari mahasiswa maupun dosennya,” ujar Padang, Rabu (6/9).

BACA JUGA :   Indonesia Berduka, Pahlawan Bulutangkis Verawaty Fadjriin Berpulang

Ketua Pengabdian Masyarakat UI Andhita Yukihana Rahmayanti mengatakan selama masa pendampingan, mahasiswa diberi waktu untuk mencari UMKM sebagai mitranya, mengumpulkan data, membuat laporan, dan mempresentasikan laporan di akhir masa perkuliahan.

Selanjutnya, mereka melakukan survei dan penilaian terhadap kapabilitas UMKM yang dituju. Lalu, mereka mengajukan pengabdiannya kepada UMKM dan memberikan pendampingan langsung dalam pembuatan laporan keuangan dan laporan pajak yang dibutuhkan.

BACA JUGA :   KASAL TERIMA PELAPORAN KORPS KENKAT TIGA PATI TNI AL

Laporan keuangan yang dibuat juga mengikuti peraturan yang sudah tertulis di dalam Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah, agar laporan yang dihasilkan lebih kredibel dan mengikuti peraturan yang berlaku.

Selain itu, laporan keuangan yang disusun tak lagi menggunakan excel, melainkan menggunakan aplikasi Accurate. Penggunaan aplikasi ini merupakan implementasi dari kerja sama antara Prodi Akuntansi Vokasi UI dan Accurate sejak tahun 2019 serta seluruh mahasiswa pengabdi pun telah tersertifikasi Accurate. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!