Material Vulkanik Gunung Karangetang Meluap

Putraindonews.com – Material vulkanik Gunung Karangetang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara meluap dan menuruni alur sungai atau kali yang berhulu dari puncak.

“Peristiwa runtuhnya material vulkanik hasil erupsi terjadi pada Senin pukul 01.35 WITA,” ujar Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Karengetang, Yudia P Tatipang di Manado, Selasa (2/4/24).

Dia mengatakan, runtuhnya material vulkanik tersebut bisa saja disebabkan oleh dorongan magma, bisa juga akibat gravitasi.

“Di puncak atau badan Gunung Karangetang banyak material vulkanik yang menumpuk. Material tersebut tidak stabil dan mudah runtuh sewaktu-waktu,” katanya.

BACA JUGA :   GUGAS Targetkan 78 Laboratorium Uji COVID-19

Material yang jatuh tersebut, kata dia, mengarah ke Kali Kahetang (Kelurahan Tarorane), dan Kali Batu Awang (Kelurahan Bebali), kedua kelurahan tersebut berada di Kecamatan Siau Timur.

“Kedua kelurahan tersebut tidak terdampak runtuhnya material vulkanik. Runtuhnya material itu terekam peralatan seismik,” katanya.

Karena itu dia berharap masyarakat yang tinggal di bantaran kali atau sungai yang berhulu dari puncak kawah Karangetang tetap berhati-hati atau siaga.

BACA JUGA :   Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Jadi Ditjen Pembiayaan Infrastruktur

“Kami berharap warga mematuhi radius bahaya yang direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG,” ajaknya.

Gunung Karangetang di Pulau Siau erupsi efusif pada Februari 2022. PVMBG kemudian meningkatkan status menjadi siaga level tiga, kemudian diturunkan lagi statusnya menjadi waspada level dua setelah penurunan aktivitas vulkanik. Red/Umar

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!