Menteri PP-PA RI, Yohana Yembise Kukuhkan 170 Anggota Satgas PPA Kota Ternate

Menteri PP-PA Yohana Yembise foto bersama dengan Walikota Ternate Serta Anggota Satgas Kota Ternate

Putraindonews.com. Ternate – Pengukuhan Satgas PPA Kota Ternate dan penyerahan bantuan industri rumahan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Menteri PP-PA) Yohana Yembise, dengan jumlah anggota 170 orang.

Dalam sambutan Yohana, Pengukuhan Satgas PPA Kota Ternate di sela-sela kegiatan Rakornas Pembangunan PP-PA 2017. Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya Mengucapkan selamat atas terbentuknya Satgas PPA Kota Ternate, pada pagi hari ini, Kamis, 9 Maret 2017, setelah melalui pelatihan sebelumnya,

“Pembentukan Satgas PPA sejalan dan sebagai tindak lanjut atas Keputusan Menteri PP- PA Nomor 25 Tahun 2016 di Jakarta, tentang Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak Republik Indonesia”.

Selain itu, pembentukan Satgas PPA sesuai Thema Rakornas Pembangunan PP-PA 2017 yakni “Era Baru Kelembagaan PP-PA di Daerah”, adanya perubahan dari Badan menjadi Dinas, menjadi langkah awal untuk mengoptimalkan peran Dinas PP-PA baik di provinsi maupun kabupaten/kota dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA :   WAKASAL Tinjau Vaksinasi Purnawirawan TNI AL

“Dinas PP-PA sebagai bagian dari pelaksana fungsi inti yang melaksanakan urusan Pemerintahan di bidang PP-PA, harus mampu menghadirkan Negara dengan berbagai bentuk/langkah strategis yang langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat, salah satunya melalui keberadaan SATGAS PPA di Kota Ternate ini, Tentunya melalui Satgas ini, dapat bertugas membantu penanganan masalah perempuan dan anak yang dilaporkan ke KPP-PA atau ke lembaga layanan perempuan dan anak di daerah”.

Lanjutnya, Saya sangat berharap bahwa Satgas PPA Kota Ternate mampu dan berfungsi dalam Melakukan penjangka terhadap perempuan dan anak bila diperlukan., Melakukan identifikasi kondisi dan layanan yang dibutuhkan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan., melindungi perempuan dan anak dari lokasi kejadian yang dapat membahayakan dirinya., Menempatkan dan mengungsikan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan ke Bagian Pengaduan, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) bila diperlukan., Merekomendasikan ke unit layanan terdekat untuk mendapatkan layanan lebih lanjut, Harapanya.

BACA JUGA :   Permudah Izin dan Investasi, Menkominfo Pertimbangkan Revisi Aturan Penyiaran

Jumlah pengurus dan anggota satgas di seluruh Indonesia yang sudah terbentuk sebanyak 1500 orang, ditambah kota ternate 170 orang yang baru saja dilantik hari ini, maka jumlahnya menjadi 1670 orang satgas di Indonesia, untuk Wilayah Provinsi Maluku Utara baru Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Ternate yang lainnya belum, nanti akan di bentuk seluruh kabupaten/kota, ungkap Yohana.

Menurutnya, Dengan terbentuknya Satgas ini dapat meminimalisir jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta dapat melindungi perempuan dan anak di Kota Ternate khususnya dan Indonesia umumnya, tutup Yohana. *(Sul)*

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!