Resmi Dilantik Ketua Umum Zulfikar, Perisai Diri OKU Diminta Tetap Berkoordinasi dengan IPSI

***

Putraindonews.com – Baturaja | Pengurus Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Perisai Diri (PD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel resmi dilantik Ketua Umum (Ketum) PD Sumsel, H Zulfikar Ali Fajri, S. Ag, M. S.I, Minggu (21/08/2022) di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fakhriyah Batujara OKU Sumsel.

Dalam sambutannya Zulfikar mengatakan, PD yang juga termasuk dalam 10 perguruan historis IPSI, senantiasa mengajak anggotanya untuk selalu mengedepankan silat sebagai budaya bangsa dan menghindari ego perguruan.

Palajaran Ir Both Sudargo

Zulfikar mencontohkan, Ir. Both Sudargo sebagai salah satu pendekar PD yang menjabat atase Perhubungan di KBRI Jepang tahun 1996. Di tengah kegiatannya, Both Sudargo masih menyempatkan waktunya menggagas berdirinya Japan Pencak Silat Asosiation (JAPSA) atau IPSI-nya Jepang.

“Dengan dana pribadi, Pak Both mengajak 3 pelatih silat dari perguruan PD, Merpati dan Panglipur, Pak Both mendirikan JAPSA atau IPSI-nya Jepang,” jelasnya.

Oleh sebab itu, alumnus Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang ini mengharapkan, PD di OKU juga harus mampu meneladani perjalanan Ir. Both Sudargo, untuk mengembangkan silaturrahmi dan kekeluargaan antar perguruan silat.

BACA JUGA :   GELAR MILAD PERTAMA, Ketum FPPSKI:  Akan Membentuk FPPSKI di Setiap Propinsi Di Indoensia

Pada kesempatan itu juga, Zulfikar meresmikan lokasi latihan unit PD di Ponpes Al Fakhriyah. Zulfikar juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada KH. Zulfan Barron yang telah menyiapkan tempat pelantikan tersebut.

Menyiapkan Atlet
Lebih lanjut, Zulfikar mengharapkan PD OKU harus bisa ikut serta menyiapkan atlet dalam event di internal PD, diantaranya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PD antar pelajar Piala Sultan Hamengkubuwono yang digelar setiap dua tahun sekali.

“Selanjutnya, saya resmikan unit latihan di Ponpes Al Fakhriyah. Semoga kepengurusan ini bisa memajukan silat PD di OKU, terutama menyiapkan atlet dalam event internal PD, yakni Kejurnas PD Antar Pelajar Piala Sultan Hamengkubuwono setiap dua tahun sekali,” tambahnya.

Sarana Silaturahmi dan kerjasama
“Selamat kepada saudara Al Aziz Hardi yang dilantik sebagai Ketua PD Kabupaten OKU 2022-2026. Sejak pelantikan ini dan seterusnya, hendaknya PD di Baturaja kiranya selalu berkoordinasi dengan IPSI dan perguruan silat yang ada, sebagai sarana silaturrahmi dan kerja sama kegiatan,” ujarnya.

BACA JUGA :   Wakasad Meriahkan Gowes Tour De Singkawang 162 Km

Menanggapi pelantikan ini, KH. Zulfan Barron, Pengasuh Ponpes Al-Fakhriyah Baturaja mengatakan, pihaknya mendapat kehormatan karena pondoknya menjadi lokasi pelantikan sekaligus peresmian pembukaan unit latihan PD di Al Fakhriyah.

“Kami bangga dan merasa terhormat dijadikan tempat pelantikan pengurus PD Kabupaten OKU, sekaligus pembukaan unit latihan silat PD di Al Fakhriyah. Mudah-mudahan akan melahirkan santri yang sehat, mahir dan berprestasi di cabang olahraga silat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Didi Manhairul, Sekretaris IPSI OKU berharap, aktifnya kembali silat PD di OKU akan menambah semaraknya geliat latihan silat di OKU dan akan mampu melahirkan bibit atlet berprestasi.

Acara itu juga dihadiri, Pendekar PD Sumsel, H. Sugeng Hariyadi, Ketua Perguruan Silat se-Kabupaten OKU serta para undangan lainnya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!